PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN TIPE KEPRIBADIAN TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS VIII SMP HARAPAN MANDIRI MEDAN

Manik, Judika A. (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN TIPE KEPRIBADIAN TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS VIII SMP HARAPAN MANDIRI MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1 COVER.pdf]
Preview
Text
1 COVER.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of 2 LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2 LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[thumbnail of 3 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of 4 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview
[thumbnail of 5 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of 6 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of 7 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of 8 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 9 BAB I.pdf]
Preview
Text
9 BAB I.pdf - Published Version

Download (727kB) | Preview
[thumbnail of 13 BAB V.pdf]
Preview
Text
13 BAB V.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[thumbnail of 14 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) hasil belajar geografi siswa SMP Harpan Mandiri Medan yang diajar dengan model pemeblajaran kooperatif tipe TSTS lebih tinggi dibandingkan hasil belajar geografi yang diajarkan dengan model pembelajaran tipe jigsaw, (2) secara keseluruhan, siswa yang memiliki kepribadian tipe esktrovert memiliki hasil belajar geografi yang lebih tinggi dibanding siswa yang memiliki tipe kepribadian introvert, (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif dan tipe kepribadian terhadap hasil belajar Geografi siswa SMP Harapan Mandiri Medan. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMP Harapan Mandiri Medan kelas VIII semester ganjil tahun ajaran 2013/2014 terhadap hasil belajar Geogra fisiswa. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan Cluster Random Sampling berdasarkan tipe kepribadian siswa, sehingga sampel penelitian ini pada kelompok pembelajaran masing-masing terdiri dari 42 untuk eksperimen dan 42 orang untuk kelompok kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan faktorial 2 x 2. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis varian dua jalur dengan taraf signifikansi α = 0,05 dengan Uji F, pengujian lanjut menggunakan Uji Scheffe. Temuan penelitian menunjukan (1) Hasil belajar Geografi Siswa harapan madiri Medan yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif TSTS lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran tipe Jigsaw pada taraf signifikan = 0,05 dengan Fh sebesar 4,08 dan Ftabel = 3,96, jadiFhitung> Ftabel = 4,08>3,96. Hipotesis Telah teruji kebenarannya Ha diterima dan Ho ditolak. (2) hasil perhitungan tentang perbedaan hasil belajar Geografi antara kelompok siswa yang memiliki tipe kepribadian ekstrovert dan tipe kepribadian introvert pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan Fh sebesar 27,45 dan Ftabel = 3,96jadi Fhitung> Ftabel = 27,45>3,96, maka hipotesis telah teruji kebenaranya Ha diterima dan Ho ditolak, (3) Besarnya rata-rata hasil belajar Geografi setiap pembelajaran A1B1 = 45,42dan A1B2 = 36,96 sedangkan A2B1 = 39,71dan A2B2 = 38,05. Hasil perhitungan Anava Factorial diperoleh hasil perhitungan Fh = 14,01 dan harga tabel adalah Ft(0,05)(1,80) = 3,96, sehingga dapat dinyatakan Fh(14,01) > Ft(3,96), maka hipotesis telah teruji kebenarannya Ha diterima Ho ditolak. Dengan demikian semakin baik model pembelajaran yang digunakan dalam menyampaikan pembelajaran Geografi, maka semakin tinggi hasil belajar Geografi siswa, atau semakin tinggi keaktifan siswa dalam belajar dengan model pembelajaran, maka semakin tinggi pencapaian kompetensi yang diperoleh siswa, interaksi antara model pembelajaran dan tipe kepribadian akan memberikan dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar geografi siswa. Akan tetapi pengaruh model pembelajaran lebih banyak memberikan pengaruh terhadap hasil belajar geografi siswa dibandingkan dengan tipe kepribadian siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.890 71 Man p
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; Geografi; Model pembelajaran; Kepribadian siswa
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC25 Self-education. Self-culture
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 30 Jan 2017 08:05
Last Modified: 30 Jan 2017 08:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22844

Actions (login required)

View Item
View Item