PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN GAYA BELAJAR TERHAAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 STABAT KABUPATEN LANGKAT

Aceng, (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN GAYA BELAJAR TERHAAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 STABAT KABUPATEN LANGKAT. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
Judul.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf - Published Version

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar akuntansi siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih tinggi dari hasil belajar akuntansisiswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT, mengetahui apakah hasil belajar siswa memiliki gaya belajar visual lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik serta mengetahui apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar akuntansi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI AK 1 dan XI AK2 program studi keahlian Keuangan kompetensi keahlian Akuntansi. Penelitian dilakukan pada semester 2 (dua) Tahun Pelajaran 2011/2012. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan rancangan faktorial 2 x 2, teknik analisa data menggunakan ANAVA 2 x 2. Gaya belajar yang dikembangkan oleh peneliti dengan berpedoman pada buku “Quantum Teaching Mempraktikkan Quantum Learning di ruang-ruang kelas”, karangan Bobbi de Porter, Mark Reardon, dan Sarah Singer Nourie. Tes hasil belajar akuntansi menggunakan tes berbentuk pilihan ganda dengan 5 obtion sebanyak 40 butir dan memiliki reabilitas 0,84 dengan menggunakan rumus Spearman Brown. Hasil pengajuan hipotesis menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT memiliki hasil belajar akuntansi yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT, hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 2,85 ˃ Ftabel = 2,71 pada taraf signifikansi α = 0,05. Siswa dengan gaya belajar visual memiliki hasil belajar akuntansi yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki gaya belajar kinetestik. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 3,83 ˃ Ftabel = 2,71 pada taraf signifikansi α = 0,05. Berdasarkan hasil analisa data dimana dk (1,48) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar akuntansi. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 3,27 ˃ Ftabel = 2,71 pada taraf signifikansi α = 0,05. Uji lanjut menggunakan Uji Schffe yang membuktikan bahwa siswa yang diajar menggunkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT memperoleh hasil belajar lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Sedangkan siswa yang memiliki gaya belajar visual memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
UNSPECIFIEDPanjaitan, Binsar195708011980031001
Thesis advisorSaragih, Abdul Hasan196011251986011002
Call Number: 372.807 19 Ace p
Keywords: Hakikat belajar; Hasil belajar; Akuntansi; Gaya belajar; Model pembelajaran
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 30 Jan 2017 07:58
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22843

Actions (login required)

View Item View Item