PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN PADA SISWA KELAS XII SMK NEGERI 8 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Juniati (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN PADA SISWA KELAS XII SMK NEGERI 8 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 08126122028 Judul.pdf]
Preview
Text
08126122028 Judul.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 08126122028 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
08126122028 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (396kB) | Preview
[thumbnail of 08126122028 Abstrak.pdf]
Preview
Text
08126122028 Abstrak.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of 08126122028 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
08126122028 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 08126122028 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
08126122028 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 08126122028 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
08126122028 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 08126122028 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
08126122028 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 08126122028 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
08126122028 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 08126122028 Bab I.pdf]
Preview
Text
08126122028 Bab I.pdf - Published Version

Download (651kB) | Preview
[thumbnail of 08126122028 Bab V.pdf]
Preview
Text
08126122028 Bab V.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of 08126122028 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
08126122028 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)hasil belajar kewirausahaan siswa SMK Negeri 8 Medan yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih tinggi dibandingkan hasil belajar kewirausahaan yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, (2) secara keseluruhan, siswa yang memilki minat belajar tinggi lebih tinggi hasil belajar kewirausahaan SMK Negeri 8 Medan, dibandingkan dengan siswa yang memiliki minat belajar, (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar kewirausahaan dari siswa SMK Negeri 8 Medan
Penelitian ini dilakukan pada siswa SMK Negeri 8 Medan kelas XII semester ganjil tahun ajaran 2014/2015 terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan Cluster Random Sampling berdasarkan minat belajar siswa, sehingga sampel penelitian ini pada kelompok pembelajaran masing-masing terdiri dari 33 untuk eksperimen dan 35 orang untuk kelompok kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan faktorial 2 x 2. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis varian dua jalur dengan taraf signifikansi α = 0,05 dengan Uji F, pengujian lanjut menggunakan Uji Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan (1) Hasil belajar kewirausahaan siswa SMK Negeri 8 Medan yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD,pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan Fh sebesar 6,49 dan Ftabel = 4,00, jadiFhitung> Ftabel = 6,49 >4,00. Hipotesis telah teruji kebenarannya Ha diterima dan Ho ditolak, (2) hasil perhitungan tentang perbedaan hasil belajar kewirausahaan antara kelompok siswa yang memiliki minat belaja rtinggi dan rendah pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan Fh sebesar 28,15 dan Ftabel = 4,00jadi Fhitung> Ftabel = 28,15 >4,00, maka hipotesis telah teruji kebenarannya Ha diterima dan Ho ditolak, (3) besarnya rata-rata hasil belajar kewirausahaan siswa untuk setiap kelompok pembelajaran A1B1 = 91,94dan A1B2 = 78,59 sedangkan A2B1 = 83,06 dan A2B2 = 79,65. Hasil perhitungan Anava factorial 2x2 diperoleh hasil perhitungan Fh = 8,52 dan harga tabel Ft = 4,00 adalah Ft(0,05)(1,64) = 4,00, sehingga dapat dinyatakan Fh(8,52) > Ft(4,00), maka hipotesis telah teruji kebenarannya Ha diterima dan Ho ditolak.
Dengan demikian semakin baik model pembelajaran yang digunakan dalam menyampaikan diklat kewirausahaan, maka semakin tinggi hasil belajar kewirausahaan siswa, atau semakin tinggi minat belajar siswa dengan model pembelajaran, maka semakin tinggi pencapaian kompetensi yang diperoleh siswa, interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar akan memberikan dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar kewirausahaan siswa. Akan tetapi pengaruh model pembelajaran lebih banyak memberikan pengaruh terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa dibandingkan dengan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.807 19 Jun p
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; Kewirausahaan; Model pembelajaran; Pembelajaran kooperatif
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty.
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 30 Jan 2017 07:46
Last Modified: 30 Jan 2017 07:46
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22842

Actions (login required)

View Item
View Item