PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARANBAHASA INDONESIA BERBASIS MACROMEDIA FLASH PROFFESIONAL 8 KELAS V SD SWASTANAMIRA TA. 2014/2015

Marpaung, Indra Yasinta Oktavia (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARANBAHASA INDONESIA BERBASIS MACROMEDIA FLASH PROFFESIONAL 8 KELAS V SD SWASTANAMIRA TA. 2014/2015. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
8126122021 Judul.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8126122021 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8126122021 Abstrak.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8126122021 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8126122021 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8126122021 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8126122021 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8126122021 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8126122021 Bab I.pdf - Published Version

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8126122021 Bab V.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8126122021 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media yang layak digunakan pada pembelajaran bahasa Indonesia berbasis Macromedia Flash Professional 8 materi menulis surat untuk siswa kelas V SD Swasta Namira Medan, (2) mengetahui keefektifan pengembangan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash Professional 8 mata pelajaran bahasa Indonesia pada materi menulis surat untuk siswa kelas V SD Swasta Namira Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk Borg dan Gall yang dipadu dengan model pengembangan Dick and Carey. Model pengembangan produk pembelajaran ini merupakan model yang disusun secara terprogram dan sistematis yang disesuaikan dengan karakteristik pelajaran dan peserta didik. Model ini terdiri dari enam tahapan, yakni studi literatur, perencanaan atau desain pengembangan, pengembangan produk, validasi ahli,uji coba, revisi, produk akhir. Subjek uji coba terdiri dari dua ahli materi bidang studi bahasa Indonesia, dua ahli desain pembelajaran, dua ahli media/desain grafis, tiga siswa untuk uji perorangan, sembilan siswa untuk uji coba kelompok, dan lima puluh siswa untuk uji coba lapangan. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket. Data-data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis deskriftif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) uji ahli materi mata pelajaran bahasa Indonesia berada pada kualifikasi sangat baik (88,00%), (2) uji ahli desain pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik (87,76%), (3) uji ahli ahli media/desain grafis pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik (92,06%), (4) uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat baik (89,88%),uji coba kelompokberada pada kualifikasi sangat baik (91,32%), uji coba lapanganberada pada kualifikasi sangat baik (89,96%). Produk akhir dari pengembangan ini dilanjutkan dengan uji keefektifan. Penelitian ini di lakukan di Kelas V SD SwastaNamira TA. 2014/2015 semester ganjil berjumlah 50 orang siswa. Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar bahasa Indonesia pada materi menulis surat kelas V SD Swasta Namira TA. 2014/2015 dengan menggunakan media pembelajaran bahasa Indonesia berbasis Macromedia Flash Professional 8 dengan hasil belajar bahasa Indonesia dengan materi menulis surat kelas V SD Swasta Namira TA. 2014/2015 tanpa menggunakan media pembelajaran bahasa Indonesia berbasis Macromedia Flash Professional 8. Hal ini ditunjukkan dengan hasil data thit = 13,08, ttabel0,05(2,49) = 1,67 makath (13,08) >tt (1,67 ) untuk taraf signifikansi (α=0,05) atau dengan kata lain Ha diterima dan Ho ditolak, efektifitas penggunaan media pembelajaran sebesar 85,00 %, tanpa media yaitu 75,90%. Data ini membuktikan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif menulis surat lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa daripada tanpa menggunakan media pembelajaran interaktif.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSaragih, Abdul Hasan196011251986011002
Thesis advisorSiagian, Sahat196101041987031017
Call Number: 371.330 71 Mar p
Keywords: Hakikat belajar; Bahasa indonesia; Keterampilan menulis; Sekolah dasar; Menulis surat; Media pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 30 Jan 2017 07:37
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22841

Actions (login required)

View Item View Item