UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) DALAM PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWAERBASIS MASALAH DENGAN PENDEKATAN METAKOGNISI

Sidauruk, Rini Meilinda Monica (2014) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) DALAM PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWAERBASIS MASALAH DENGAN PENDEKATAN METAKOGNISI. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
8106172048 Judul.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8106172048 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8106172048 Abstrak.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8106172048 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8106172048 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8106172048 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8106172048 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8106172048 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8106172048 Bab I.pdf - Published Version

Download (567kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8106172048 Bab V.pdf - Published Version

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8106172048 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika dan tanggung jawab belajar siswa serta peningkatan aktivitas guru dalam pengelolaan pembelajaran siswa di SMP Swata Perguruan Katolik Asisi Medan. Untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SLPDV) dianalisis signifikansi perbedaan hasil postest kelas eksperimen (kelas TPS) dengan kelas kontrol (kelas pembelajaran biasa). Setelah diketahui bahwa data Kemampuan Awal Matematika (KAM) siswa dan hasil postest kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Untuk mengetahui penerapan pembelajaran TPS terhadap peningkatan tanggung jawab belajar siswa dianalisis, korelasi hasil postest dengan skor tanggung jawab belajar siswa berdasarkan perbedaan koefisien korelasi KAM siswa kategori rendah dengan KAM siswa kategori tinggi. Sementara peningkatan aktivitas guru dalam pengelolaan pembelajaran siswa dianalisis secara diskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dapat ditingkatkan dengan pembelajaran kooperatif tipe TPS ( think-Pair-Share), (ttabel = 2.056) : Koefisien, korelasi, ternormalisasi kelompok siswa kelompok KAM rendah (thitung = 10.46) lebih besar dibanding siswa pada kelompok KAM tinggi (thitung = 0.04), dan ada interaksi antara hasil postest dan skor tanggung jawab belajar siswa umumnya di kelas eksperimen terutama pada kelompok siswa KAM rendah. Berdasarkan hasil penelitian dapat dianjurkan untuk mengembangkan pembelajaran kooperatif tipe TPS, sekaligus untuk lebih menghomogenkan kemampuan matematika siswa. Saran selanjutnya diharapkan kepada guru, lembaga terkait dan peneliti selanjutnya adalah agar pembelajaran kooperatif tipe TPS pada pembelajaran matematika menekankan pada kemampuan pemecahan masalah matematika dan tanggung jawab belajar siswa dan menjadikan pembelajaran kooperatif tipe TPS sebagai salah satu alternative untuk pembelajaran matematika pada pokok bahasan lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorArmanto, Dian196311101988031001
Thesis advisorKarnasih, Ida195009141979032002
Call Number: 510.071 Sid p
Keywords: Pemecahan masalah matematika; Tanggung jawab belajar; Model pembelajaran; Pembelajaran kooperatif
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 30 Jan 2017 04:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22839

Actions (login required)

View Item View Item