Purba, Oktaviana Nirmala (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS X-IA SMA ASY-SYAFI’IYAH INTERNASIONAL MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
|
Text
01. NIM. 8136172065 COVER.pdf - Published Version Download (122kB) | Preview |
|
|
Text
02. NIM. 8136172065 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version Download (603kB) | Preview |
|
|
Text
03. NIM. 8136172065 ABSTRACT.pdf - Published Version Download (144kB) | Preview |
|
|
Text
04. NIM. 8136172065 PREFACE.pdf - Published Version Download (234kB) | Preview |
|
|
Text
05. NIM. 8136172065 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version Download (219kB) | Preview |
|
|
Text
06. NIM. 8136172065 TABLES.pdf - Published Version Download (288kB) | Preview |
|
|
Text
07. NIM. 8136172065 LIST OF DIAGRAM.pdf - Published Version Download (188kB) | Preview |
|
|
Text
08. NIM. 8136172065 ILLUSTRATION.pdf - Published Version Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
09. NIM. 8136172065 APPENDICES.pdf - Published Version Download (311kB) | Preview |
|
|
Text
010. NIM. 8136172065 CHAPTER 1.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
014. NIM. 8136172065 CHAPTER 5.pdf - Published Version Download (252kB) | Preview |
|
|
Text
015. NIM. 8136172065 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version Download (303kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) apakah peningkatan kemampuan berpikir kreatif antara siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran biasa, (2) apakah peningkatan kemampuan komunikasi matematik antara siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada kemampuan komunikasi matematik siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran biasa, (3) apakah terdapat interaksi yang signifikan antara kemampuan awal matematik siswa dan pembelajaran terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa, (4) apakah terdapat interaksi yang signifikan antara kemampuan awal matematik siswa dan pembelajaran terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Asy-Syafi′iyah Internasional Medan yang berjumlah 250 siswa, dengan mengambil sampel dua kelas, berjumlah 62 siswa melalui teknik purpose sampling. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan komunikasi matematik dengan materi Peluang. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi, serta koefisien realibilitas untuk pretest dan posttest sebesar 0,861 dan 0,859 untuk kemampuan berpikir kreatif matematik dan koefisien realibilitas untuk pretest dan posttest sebesar 0,855 dan 0,875 untuk kemampuan komunikasi matematik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) hasil perhitungan menggunakan anava dua jalur yaitu 125,481 sedangkan nilai sig 0,00<0,05 artinya peningkatan kemampuan berpikir kreatif antara siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran biasa, (2) hasil perhitungan menggunakan Anava dua jalur yaitu 116,456, sedangkan nilai sig. 0,00<0,05 artinya peningkatan kemampuan komunikasi matematik antara siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada kemampuan komunikasi matematik siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran biasa, (3) hasil perhitungan anava dua jalur yaitu 0,678 dengan nilai sig. 0,512>0,05 artinya tidak terdapat interaksi antara kemampuan awal matematik siswa dan pembelajaran terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa (4) hasil perhitungan anava dua jalur yaitu 0,775 dengan nilai sig. 0,446>0,05 artinya tidak terdapat interaksi antara kemampuan awal matematik siswa dan pembelajaran terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa. Berdasarkan temuan penelitian akan pembelajaran berbasis masalah dapat direkomendasikan menjadi salah satu pendekatan pembelajaran yang digunakan di sekolah utamanya untuk mencapai kompetensi kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan komunikasi matematik.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Call Number: | 510.071 2 Pur p | |||||||||
Keywords: | Berpikir kreatif; Komunikasi tematik; Pembelajaran berbasis masalah; Kemampuan awal matematika | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
|||||||||
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah | |||||||||
Date Deposited: | 30 Jan 2017 04:20 | |||||||||
URI: | http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22837 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |