PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN PROGRAM FLASH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA SMP

Sinurat, Mualdin (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN PROGRAM FLASH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA SMP. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM. 8126172024 COVER .pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM. 8126172024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM. 8126172024 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM. 8126172024 PREFACE.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM. 8126172024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM. 8126172024 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM. 8126172024 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM. 8126172024 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. NIM. 8126172024 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (620kB) | Preview
[img]
Preview
Text
013. NIM. 8126172024 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
014. NIM. 8126172024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengembangkan media pembelajaran matematika berbantuan program Flash yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa dengan menerapkan strategi student active learning, (2) mengetahui tingkat validitas media pembelajaran matematika dengan program Flash yang menerapkan strategi student active learning dan (3) mengetahui keefektifan dan kepraktisan media pembelajaran yang dikembangkan pada mata pelajaran matematika materi Transformasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Putri Cahaya Medan sebanyak 42 orang dan objek penelitian ini adalah untuk kualitas media pembelajaran dari segi validitas, kepraktisan dan keefektifan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar validasi oleh ahli materi dan ahli media, lembar observasi aktivitas siswa, angket respons siswa serta tes kemampuan komunikasi matematik. Hasil penilaian para ahli terhadap media diperoleh bahwa persentase rata-rata penilaian ahli materi terhadap kualitas media adalah 96,12% kategori “sangat baik” dengan tingkat validitas 0,8156, ahli media (ahli desain dan perangkat lunak) 94,79% dengan tingkat validitas 0,7332 serta hasil ujicoba kelompok kecil 97,31% dengan tingkat validitas 0,72002 yang menyatakan bahwa media memadai dan layak digunakan. Dari hasil ujicoba lapangan diperoleh tingkat ketuntasan belajar siswa adalah 88,10% dengan peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa dalam kategori “tinggi” yang ditunjukkan oleh N-gain = 0,785, respon positif siswa terhadap media “sangat baik” dengan persentase 81,72% serta persentase kadar aktivitas siswa pada proses pembelajaran adalah memenuhi waktu ideal. Berdasarkan data tersebut di atas maka dapat disimpulkan bahwa: media pembelajaran matematika berbantuan program flash dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa dan kualitas media adalah baik yaitu memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSyahputra, Edi195701211989031001
Thesis advisorRajagukguk, W.196110051986011001
Call Number: 510.071 Sin p
Keywords: Media pembelajaran; Program flash; Komunikasi matematik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 30 Jan 2017 04:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22836

Actions (login required)

View Item View Item