dipilih tujuan classe universita masing validity serta declared peningkatan problem there syarat treated education then seluruh eligible instrumen terhadap increasing selected better samudera tidak tesi menyelesaikan received settlement coefficient secara dinyatakan terdiri masalah adalah memenuhi penyelesaian result keyword student kemampuan wa untuk jawaban analysi performed tersebut learning medan interaction berturut ability between reliabilita siswa koefisien program procce all populasi merupakan control hasil content mengunakan daripada dalam mathematic during using grade upgrade melalui university isi ANOVA ABSTRACT usual pembelajaran memperoleh kontrol kata varian studi digunakan response kela validita who lane variance berbasi akmal 2015 dibuat graduate antara ABSTRAK ini analisi lesson early experimental biasa pasca matematika mengetahui baik menunjukkan used diberi ANAVA model dibandingkan study consisted interaksi population test dilakukan 694 increase pada seventh sampling clas active berbantuan ha dua pembelajaranya answer through 629 reliability thesi based pendidikan abilitie school reasoning jalur negeri dan purpose than determine kunci geogebra komunikasi sarjana dengan data showed assisted tahapan yang skill turut math instrument lebih solving penelitian quasi matematik respectively communication mathematical two junior each dari learn penalaran SMP terdapat awal telah VIII eksperimen tujuh perlakuan sebesar high te fahmi