MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT BERBANTUAN ALAT PERAGA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VI SD METHODIST-12 MEDAN TAHUN AJARAN 2014

Silaban, Patri Janson (2015) MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT BERBANTUAN ALAT PERAGA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VI SD METHODIST-12 MEDAN TAHUN AJARAN 2014. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
8126181016 Judul.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8126181016 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (537kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8126181016 Abstrak.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8126181016 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8126181016 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8126181016 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8126181016 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8126181016 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8126181016 Bab I.pdf - Published Version

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8126181016 Bab V.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8126181016 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview

Abstract

Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah: (1) guru menggunakan pendekatan yang berpusat pada guru yang dominasi ekspositori/ceramah, (2) tumbuhnya budaya menghafal rumus melalui buku tanpa penjelasan sebelumnya, (3) pembelajaran yang berpusat pada buku, (4) minimnya metode/media/strategi pembelajaran, (5) pembelajaran dominan terhadap kognitif (pengetahuan), (6) siswa tidak termotivasi dalam pembelajaran matematika, dan (7) kurangnya kemampuan pemahaman matematis siswa terhadap materi pelajaran matematika. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) meningkatkan motivasi belajar siswa, (2) meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa, (3) mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran, dan (4) mengetahui efektivitas siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini, yaitu: (1) bagaimana peningkatan motivasi belajar siswa?, (2) bagaimana peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa?, (3) bagaimana respon siswa? (4) bagaimana efektivitas siswa? Jenis pelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas melalui pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan alat peraga sebagai sasaran utama. Dimana penelitian ini berupaya memaparkan penggunaan pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan alat peraga dalam meningkatkan motivasi dan kemampuan pemahaman matematis siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan alat peraga pada mata pelajaran matematika di kelas VI SD Methodist-12 Medan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI berjumlah 50 yang diantaranya 26 orang laki-laki dan 24 orang perempuan di SD Methodist-12 Medan. Penetapan kelas ini diambil berdasarkan hasil observasi terhadap kelas yang akan diteliti dan saran dari kepala sekolah. Objek formal melalui pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan alat peraga. Hasil penelitian pada motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dari rata-rata kelas 68.22% pada siklus I menjadi 71.89% pada siklus II dan menjadi 82.29% pada siklus III. Kemampuan pemahaman matematis siswa mengalami peningkatan dari rata-rata kelas 64.33% pada siklus I menjadi 77.67% pada siklus II dan menjadi 88.67% pada siklus III. Respon siswa terhadap pembelajaran mengalami peningkatan dari rata-rata kelas 70.40% pada siklus I menjadi 85.11 pada siklus II dan menjadi 92.00% pada siklus III. Efektivitas pembelajaran siswa mengalami peningkatan dari rata-rata kelas 62.48% pada siklus I menjadi 76.04% pada siklus II dan menjadi 88.29% pada siklus III. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan alat peraga dapat meningkatkan motivasi dan kemampuan pemahaman matematis siswa pada aspek kognitif, afektif dan psikomotor pada pokok bahasan luas bangun datar di kelas VI SD Methodist-12 Medan.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSaragih, Sahat196102051988031003
Thesis advisorMatondang, Zulkifli196807131993031003
Call Number: 372.7 Sil m
Keywords: Matematika; Motivasi belajar; Pembelajaran kooperatif; Alat peraga
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 26 Jan 2017 03:56
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22802

Actions (login required)

View Item View Item