IMPLEMENTASI MODEL PROBLAME BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN SISWA DAN MENUMBUHKAN NILAI KARAKTER SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 TORGAMBA

Hasibuan, Budi Winata (2015) IMPLEMENTASI MODEL PROBLAME BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN SISWA DAN MENUMBUHKAN NILAI KARAKTER SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 TORGAMBA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
8136181002 Judul.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8136181002 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8136181002 Abstrak.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8136181002 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8136181002 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8136181002 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8136181002 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8136181002 Bab I.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8136181002 Bab V.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8136181002 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertitik tolak dari rendahnya hasil belajar siswa dan belum tumbuhnya karakter siswa dalam proses pembelajaran PPKn yang disebabkan oleh rendahnya inovasi guru dalam mengelola pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PPKn siswa dan menumbuhkan nilai karakter siswa dengan menerapkan model Problame based learning di kelas VIII-1 SMP negeri 1 Torgamba. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan subjek penelitian adalah siswa/I yang ada di kelas VIII-1 yang berjumlah 32 orang. Objek dari penelitian ini adalah implementasi model problame based learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan menumbuhkan karakter siswa. Data dari penelitian ini adalah lembar observasi guru, siswa, dan memberikan angket respon positif terhadap siswa, sedangkan teknik analisis datanya adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah dalam siklus 1 hasil belajar siswa belum memenuhi sesuai dengan apa yang menjadi tujuan dari penelitian ini. Hasil siklus 1 persentase ketuntasan minimal siswa terdapat 60,31%. Kemudian observasi terhadap guru dalam menerapkan model problame based learning yaitu persentase skor rata-rata 56,92. Dalam menumbuhkan nilai karakter siswa pada sikjlus I terdapat persentase respon siswa terhadap karakter adalah 64,54%.berdasarkan hasil analisis data siklus I masih belum berhasil dalam meningkatkan hasil belajar dan menumbuhkan karakter siswa tersebut. Berdasarkan hasil data di atas bahwa siklus dalam penelitian ini berlanjut ke siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus II terdapat peningkatan hasil belajar yaitu persentase ketuntasan minimal yaitu 85,46%. Setelah itu observasi guru terhadap implementasi Model Problame based learning sudah membaik yaitu 83,07 yaitu masuk criteria baik. Kemudian dalam menumbuhkan karakter siswa terhadap pembelajaran PPKn melalui Problame based learning terjadi peningkatan yaitu 80%. Berdasarkan hasil tersebut yang diperoleh siklus I dan yang kedua dapat disimpulkan bahwa implementasi model Problame based learning di kelas VIII-1 dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan menumbuhkan nilai karakter siswa masuk kategori berhasil.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSetiawan, Deny196803081993031003
Thesis advisorHajar, Ibnu196305201987031004
Call Number: 372.83 Has i
Keywords: Hasil belajar; Pendidikan pancasila dan kewarganegaraan; Pendidikan berbasis karakter; Nilai-nilai pendidikan; Model pembelajaran
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 26 Jan 2017 03:51
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22801

Actions (login required)

View Item View Item