KEBERMANFAATAN TEKS TERJEMAHAN ALQURAN SURAH AR-RAHMAN SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN GAYA BAHASA BAGI SISWA MADRASAH ALIYAH

Situmorang, Mulkan Andika (2016) KEBERMANFAATAN TEKS TERJEMAHAN ALQURAN SURAH AR-RAHMAN SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN GAYA BAHASA BAGI SISWA MADRASAH ALIYAH. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8146192025 COVER.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8146192025 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (733kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8146192025 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8146192025 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8146192025 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8146192025 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8146192025 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8146192025 BAB I.pdf - Published Version

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 8146192025 BAB V.pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8146192025 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan gaya bahasa yang terkandung dalam teks terjemahan Alquran Surah Ar-Rahman dan mengetahui kebermanfaatan teks terjemahan tersebut sebagai bahan pembelajaran gaya bahasa bagi siswa Madrasah Aliyah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini pada dasarnya metode kualitatif, tetapi dalam proses penyusunannya dibantu dengan penelitian kuantitatif. metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah teks terjemahan Alquran Surah Ar-Rahman terbitan PT Sygma Examedia Arkanlema Departemen Agama Republik Indonesia tahun 2009. Tahapan analisis teks menggunakan teknik catat meliputi, pengumpulan data dengan pencatatan, lalu mengelompokkan, kemudian ditata menurut jenisnya. Setelah itu, data dipaparkan dengan memberikan analisis kemudian mengambil kesimpulan akhir. Hasil penelitian dapat penulis simpulkan bahwa gaya bahasa yang terkandung dalam teks terjemahan Alquran Surah Ar-Rahman terbitan PT Sygma Examedia Arkanlema Departemen Agama Republik Indonesia tahun 2009 sangat kaya dan cukup variatif. Dari 78 ayat yang terdapat pada surah Ar-Rahman, seluruhnya mengandung gaya bahasa bahkan hanya tiga ayat yang mengandung satu gaya bahasa. Dalam teks terjemahan tersebut terdapat 278 gaya bahasa yang tercakup dalam gaya bahasa perbandingan (metafora, simile, personifikasi, hiperbola, sinekdoke, metonimia, asosiasi, alegori, tropen, dan perifiris), sindiran (ironi, sinisme, dan sarkasme), penegasan (pleonasme, klimaks, antiklimaks, repetisi, tautologi, inversi, elipsis, retoris, asidenton, polisindeton,, interupsi, ekslamasio) dan pertentangan (paradoks, antitesis, dan kontradiksio). Dari berbagai materi pembelajaran bahasa Indonesia yang harus dikuasai siswa Madrasah Aliyah, penguasaan materi gaya bahasa dibutuhkan pada pencapaian beberapa materi pembelajaran, diantaranya pada teks anekdot, teks cerita pendek, teks cerita ulang, teks film/ drama, teks cerita sejarah, dan teks novel, dan teks cerita ulang. Dengan demikian, materi gaya bahasa merupakan salah satu kebutuhan bagi siswa Madrasah Aliyah. Berdasarkan validasi yang dilakukan kepada ahli materi dan guru bahasa Indonesia sebagai calon pengguna bahan ajar tersebut, teks terjemahan Alquran Surah Ar-Rahman terbitan PT Sygma Examedia Arkanlema Departemen Agama Republik Indonesia tahun 2009 sangat baik digunakan sebagai bahan pembelajaran gaya bahasa bagi siswa Madrasah Aliyah.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHadi, Wisman197802012003121003
Thesis advisorMarice, 196311201992032003
Call Number: 418.020 712 Sit k
Keywords: Gaya bahasa; Teks terjemahan Alquran; Surah ar-rahman
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P306 Translating and interpreting
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 25 Jan 2017 03:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22784

Actions (login required)

View Item View Item