PELAKSANAAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMA TAMAN SISWA CABANG BINJAI

Malem, (2006) PELAKSANAAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMA TAMAN SISWA CABANG BINJAI. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
035030198- Abstrak.pdf - Published Version

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
035030198- Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
035030198- Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
035030198- Bab VI.pdf - Published Version

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
035030198- Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (369kB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini dibahas bagaimana pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di SMA Taman Siswa Cabang Medan yakni : (1) mendeskripsikan implementasi MBS di SMA Taman Siswa Cabang Binjai dalam bidang kurikulum dan program pengajaran, (2) mendeskripsikan implementasi MBS di SMA Taman Siswa Cabang Binjai dalam hidang pengembangan tenaga pendidikan, (3) mendeskripsikan implementasi MBS di SMA Taman Siswa Cabang Binjai dalam bidang pembinaan siswa, (4) mendeskripsikan implementasi MBS di SMA Taman Siswa Cabang Binjai dalam bidang keuangan dan pembiayaan, (5) mendeskripsikan implementasi MBS di SMA Taman Siswa Cabang Binjai dalam bidang sarana dan prasarana, (6) mendeskripsikan implementasi MBS di SMA Taman Siswa Cabang Binjai dalam bidang hubungan sekolah dengan masyarakat dan (7) mendeskripsikan implementasi MBS di SMA Taman Siswa Cabang Binjai dalam bidang layanan khusus.Metodologi yang dipakai dalam penelitian ini adalah mengeksplorasi semua kesesuaian prinsip MBS di SMA Taman Siswa Cabang Binjai dan menganalisis permasalahan yang dihadapi sehubungan dengan pelaksanaan MBS. Untuk mendapatkan data untuk masing-masing tujuan penelitian digunakan metode wawancara kepada kepala sekolah, guru, bagian tata usaha, siswa dan pengumpulan data sekunder melalui pencatatan berdasarkan file yang telah tersedia.Dan basil penelitian diperoleh gambaran bahwa pelaksanaan MBS di SMA Taman Siswa dimulai dari tahapan perencanaan, monitoring dan evaluasi, dan dalam melakukan kegiatan proses belajar mengajar mengacu pada kebutuhan siswa dan potensi sumber daya lokal. Namun dalam pelaksanaannya, penerapan MBS ini masih banyak mengalami kendala antara lain dalam bidang pembiayaan dan keuangan. Bidang lain seperti pengembangan kurikulum dan pengajaran, pengembangan mutu pengajar, pembinaan siswa, sarana dan prasarana, hubungan sekolah dan masyarakat dan dalam bidang layanan khusus sudah mulai mengarah kepada prinsip dalam MBS.Pelaksanaan MBS untuk meningkatkan pembinaan siswa dilakukan melalui pembinaan bidang seni, bahasa, olah raga, keagamaan dan kepribadian dan budi pekerti. Kegiatan ini ditangani oleh wakil kepala sekolah dan guru yang menangani bidang kesiswaan. Terlihat bahwa siswa. SMA Taman Siswa memiliki prestasi di bidang seni dan olah raga. Untuk meningkatkan mutu pendidikan di SMA Taman Siswa, maka perlu diberikan keleluasaan bagi pelaksana pendidikan dalam membuat perencanaan, implementasi program dan hal-hal yang berkaitan dengan aktivitas dalam memberikan kualitas yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorYakub, M.-
Thesis advisorAnsyari, Khairil196309101988031002
Call Number: 371.201 1 Mal p
Keywords: Manajemen berbasis sekolah; Kinerja; Sekolah; Kualitas sekolah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2278

Actions (login required)

View Item View Item