MANAJEMEN PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP SANTRI PADA ORGANISASI PELAJAR RAUDHATUL HASANAH (OPRH) DI PESANTREN AR-RAUDHATUL HASANAH PAYA BUNDUNG MEDAN

Tarmizi, Amar (2014) MANAJEMEN PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP SANTRI PADA ORGANISASI PELAJAR RAUDHATUL HASANAH (OPRH) DI PESANTREN AR-RAUDHATUL HASANAH PAYA BUNDUNG MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 809131024 Judul.pdf]
Preview
Text
809131024 Judul.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 809131024 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
809131024 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (528kB) | Preview
[thumbnail of 809131024 Abstra.pdf]
Preview
Text
809131024 Abstra.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[thumbnail of 809131024 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
809131024 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 809131024 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
809131024 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of 809131024 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
809131024 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 809131024 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
809131024 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 809131024 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
809131024 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of 809131024 Bab I.pdf]
Preview
Text
809131024 Bab I.pdf - Published Version

Download (618kB) | Preview
[thumbnail of 809131024 Bab V.pdf]
Preview
Text
809131024 Bab V.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 809131024 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
809131024 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah; 1) Untuk mengetahui pola manajemen pendidikan kecakapan hidup santri dalam Organisasi Pelajar Ar-Raudhatul Hasanah; 2) Untuk mengetahui Faktor pendukung dan penghambat dari pelaksanaan manajemen pendidikan kecakapan hidup santri pada Organisasi Pelajar Raudhatul Hasanah; 3) Untuk mengetahui hasil kecakapan hidup yang diperoleh santri melalui Organisasi Pelajar Raudhatul Hasanah di Pesantren Ar-Raudhatul Hasanah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan 3 (tiga) instrumen yang meliputi observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Faktor penghambat dari manajemen pendidikan kecakapan hidup santri pada Organisasi Pelajar Raudhatul Hasanah adalah: (a) kurangnya wawasan serta kemandirian para santri dan santriwati untuk tetap berdikari yang tinggi, disiplin yang ditegakkan tidak membuat para santri dan santriwati untuk terus berbenah diri dalam mengadapi disiplin yang dibuat (b) masih banyaknya setengah hati, artinya para santri dan santriwati yang belajar di pesantren Ar-Raudhatul Hasanah bukan kemauan sendiri, tapi dari paksaan orang tua, tentunya hal ini menjadikan problem bagi pesantren Ar-Raudhatul Hasanah dalam menegakkan disiplin, (c) masih banyaknya para santri dan santriwati kurang menjiwai dalam berorganisasi, pada intinya berorganisasi yang dikembangkan pesantren adalah menjadikan para santri dan santriwati dapat bertanggung jawab, berdikari, sopan, patuh terhadap pimpinan dan guru. Sementara itu faktor pendukungnya adalah: (a) loyalitas kepemimpinan/kedirekturan, (b) kedisiplinan dan kepatuhan, (c) kemandirian karir organisasi, (d) falsafah pendidikan, (e) kejujuran santri dan santriwati di Pesantren. Hasil atas kecakapan hidup yang diperoleh santri meliputi ; 1) Organisasi yang dikembangkan dengan tidak menggabungkan antara santri putra dan putrid, ini demi menjaga tahajabun syaar (kejahatan yang bersifat asusila); 2) Tidak meninggalkan sistem modernisasi bahasa Arab dan Inggris pada setiap pertemuan nya, demi menjaga budaya bahasa Arab dan Inggris sebagai mahkota pesantren; 3) Segala macam bentuk pengelolaan dalam organisasi dikerjakan oleh santri untuk santri, dan ustadz/ ustadzah hanya sebagai pembimbing dalam setiap kegiatannya. Hasil penelitian menunjukan bahwa pola Manajemen pendidikan kecakapan hidup santri dalam Organisasi Pelajar Ar-Raudhatul Hasanah adalah dibentuk melalui disiplin, bertanggung jawab, memiliki sifat kesederhanaan, kebersamaan, keberanian, memiliki karakter yang selalu mengedepankan aspirasi, berpikiran bebas, ukhuwah Islamiyah, dapat memimpin dan siap dipimpin.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.2 Tar m
Keywords: Manajemen pendidikan; Pendidikan kecakapan hidup; Organisasi raudhatul hasanah; Pesantren ar-raudhatul hasanah
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 23 Jan 2017 08:06
Last Modified: 23 Jan 2017 08:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22774

Actions (login required)

View Item
View Item