PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEKNIK LISTRIK DASAR OTOMOTIF PADA SISWA KELAS X SMK SWASTA TELADAN MEDAN

Efendi, Januardi (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEKNIK LISTRIK DASAR OTOMOTIF PADA SISWA KELAS X SMK SWASTA TELADAN MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
2. HALAMAN PENGESAHAN SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (546kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata diklat Teknik Listrik Dasar Otomotif pada siswa kelas X program keahlian Teknik Kendaraan Ringan yang diajarkan dengan model pembelajaran Project Based Learning. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XA4 Teknik Kendaraan Ringan SMK Swasta Teladan Medan semester ganjil tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 40 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Project Based Learning pada mata diklat Teknik Listrik Dasar Otomotif 2014/2015. Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar siklus I diperoleh 24 siswa (60%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 16 siswa (40%) lainnya belum tuntas. Nilai rata-rata kelas 74,1 dengan tingkat ketuntasan secara klasikal sebesar 60%. Pada siklus II yang merupakan perbaikan pembelajaran yang telah diberikan pada siklus I, dari hasil tes belajar siklus II diperoleh 33 siswa (82,5%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 7 siswa (17,5%) lainnya belum tuntas. Nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 80.54 dengan tingkat ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 82,5%. Jika dibandingkan data dari siklus I dan siklus II maka diperoleh nilai rata-rata pada 24 siswa disiklus I bertambah sebanyak 9 siswa disiklus II menjadi 33 siswa, sedangkan siswa yang tidak tuntas dalam belajar berkurang dari 16 siswa yang tidak tuntas disiklus I menjadi 7 siswa di siklus II. Karena telah memenuhi kriteria ketuntasan belajar siswa dan mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas XA4 pada mata diklat Teknik Listrik Dasar Otomotif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorEfendi, Hidir196101251987031001
Call Number: SK-2015 MSN 022
Keywords: Hasil belajar; Teknik listrik; Dasar otomotif; Model pembelajaran; Project based learning; Penelitian tindakan kelas
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL1 Motor vehicles. Cycles
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 20 Jan 2017 03:41
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22758

Actions (login required)

View Item View Item