PENGARUH BEBAN BERLEBIH (OVERLOAD) TERHADAP UMUR RENCANA PERKERASAN KAKU JALAN RAYA

Sinaga., Satria Mandala Putra (2015) PENGARUH BEBAN BERLEBIH (OVERLOAD) TERHADAP UMUR RENCANA PERKERASAN KAKU JALAN RAYA. Diploma thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM. 5113210037. COVER.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 5113210037. APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 5113210037. ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 5113210037. PREFACE.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 5113210037. TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 5113210037. TABLE.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 5113210037. APPENDICES.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 5113210037. ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 5113210037. CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 5113210037. CHAPTER IV.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 5113210037. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview

Abstract

Tujuan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh beban berlebih (overload) terhadap umur rencana perkerasan kaku jalan raya. Dengan penulisan tugas akhir ini maka penulis diharapkan dapat memahami pengaruh beban berlebih terhadap umur rencana perkerasan kaku. Perkerasan kaku (rigid pavement) adalah perkerasan yang menggunakan semen sebagai bahan pengikatnya dan dicampur dengan agregat sehingga mempunyai tingkat kekakuan yang relatif cukup tinggi yang berfungsi untuk pelayanan lalulu lintas. Beban berlebih adalah suatu kondisi beban gandar (as) kendaraan melampaui batas beban maksimum yang diijinkan. Menurunnya tingkat pelayanan jalan ditandai dengan adanya kerusakan pada perkerasan kaku, kerusakan yang terjadi juga bervariasi pada setiap segmen disepanjang ruas jalan. Kerusakan perkerasan terjadi disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah faktor beban berlebih (overload), dimana beban berlebih yang terjadi sangatlah berpengaruh dalam umur pelayanan perkerasan jalan raya. Dari hasil analisis perhitungan, jika pertambahan beban 10% umur rencana 20 tahun maka umur pelayanan menjadi 12,9 tahun, jika pertambahan beban 20 % umur rencana 20 tahun maka umur pelayanan menjadi 8,3 tahun, jika pertambahan beban 30% umur rencana 20 tahun maka umur pelayanan menjadi 6,3 tahun, jika pertambahan beban 40 % umur rencana 20 tahun maka umur pelayanan menjadi 4,5 tahun, untuk pertambahan beban 50% umur rencana 20 tahun maka umur pelayanan menjadi 3,3 tahun, untuk pertambahan beban 60% umur rencana 20 tahun maka umur pelayanan menjadi 2,3 tahun, untuk pertambahan beban 70% umur rencana 20 tahun maka umur pelayanan menjadi 2 tahun, untuk pertambahan beban 80% umur rencana 20 tahun maka umur pelayanan menjadi 1,5 tahun, untuk pertambahan beban 90% umur rencana 20 tahun maka umur pelayanan menjadi 1,2 tahun, Untuk pertambahan beban 100% umur rencana 20 tahun maka umur pelayanan menjadi 1 tahun Dari hasil analisis yang sudah dihitung dapat disimpulkan bahwa umur rencana berbanding terbalik dengan berat beban berlebih. Artinya semakin besar beban berlebih yang terjadi maka semakin berkuranglah umur pelayanan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorKristian, 196012241986011002
Call Number: SK-2015 SIPIL
Keywords: Perkakasan, Sistem Pembenahan, Kerusakan
Subjects: T Technology > TH Building construction > TH3301 Maintenance and repair
T Technology > TH Building construction > TH900 Construction equipment in building
Divisions: Fakultas Teknik > D3 Teknik Sipil
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 20 Jan 2017 03:11
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22752

Actions (login required)

View Item View Item