ANALISIS SAMBUNGAN PORTAL BAJA ANTARA BALOK DAN KOLOM DENGAN MENGGUNAKAN SAMBUNGAN BAUT DAN PAKU KELING

Siregar, Muhammad Syamsuddin (2015) ANALISIS SAMBUNGAN PORTAL BAJA ANTARA BALOK DAN KOLOM DENGAN MENGGUNAKAN SAMBUNGAN BAUT DAN PAKU KELING. Diploma thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 5103210028 COVER.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 5103210028 Lembar Persetujuan dan Pengesahan.pdf - Published Version

Download (591kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 5103210028 Abstrak.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 5103210028 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 5103210028 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 5103210028 Daftar Notasi.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 5103210028 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 5103210028 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 5103210028 BAB I.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. 5103210028 BAB IV.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. 5103210028 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. 5103210028 Perataan Momen.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview

Abstract

Sambungan merupakan sesuatu hal yang tidak dapat dihindarkan dalam perencanaan struktur baja. Hal ini dikarenakan bentuk struktur bangunan yang begitu kompleks. Sambungan yang dapat kita lihat pada struktur bangunan adalah sambungan antara balok dan kolom. Kegagalan dalam sambungan tersebut dapat mengakibatkan perubahan fungsi struktur bangunan tersebut, dan paling berbahaya adalah keruntuhan pada struktur tersebut.Sehingga untuk mencegah hal tersebut maka kekakuan sambungan antara balok dan kolom tersebut harus baik. Pada umumnya sambungan antara balok dan kolom terdiri dari tiga elemen yaitu : balok, kolom, dan alat penyambung. Jadi ketiga elemen tersebut yang harus kita perhitungkan sehingga perencanaan struktur akan sesuai seperti yang direncanakan dan pada akhirnya struktur bangunan itu akan berdiri sesuai dengan fungsi yang diinginkan. Akan tetapi pada sambungan-sambungan yang menggunakan baut dan paku keling selalu akan terjadi deformasi elastis, sehingga sifat kaku sempurna tidak tercapai dan sambungan menjadi semi kaku ( semi rigid ).Tingkat kekakuan sambungan akan mempengaruhi besarnya perubahan bentuk (lenturan atau putaran sudut ) pada analisa strukturnya. Pada tugas akhir ini, beban yang digunakan adalah beban mati/merata (D) dan beban hidup/terpusat (L), dan gaya yang dibahas hanya momen lentur (M). diameter baut yang digunakan dalam analisis dipakai 25 mm dan profil baja yang digunakan disesuaikan dengan beban yang sudah ditentukan. dari hasil analisis diperoleh jumlah baut yang dipakai 3 buah dan paku keling 3 buah dengan kekuatan tegangan geser dan tumpu yang berbeda-beda, yaitu pada baut diperoleh tegangan geser 108918,75 N dan tegangan tumpu 216450 N, sedangkan paku keling diperoleh tegangan geser 145225 N dan tegangan tumpu 461760 N. Terlihat pada sambungan menggunakan paku keling lebih unggul dari pada baut dari segi kekuatan geser dan tumpu. Akan tetapi pada pengerjaan di lapangan sambungan menggunakan baut lebih efisien dari pada paku keling sehingga alat sambung paku keling jarang digunakan pada sambungan

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorButarbutar, Ronald195711121981031007
Call Number: SK-2015 SIPIL 001
Keywords: Baja, Sambungan, Baut dan Paku Keling
Subjects: T Technology > TH Building construction > TH845 Architectural engineering. Structural engineering of buildings
T Technology > TH Building construction > TH900 Construction equipment in building
Divisions: Fakultas Teknik > D3 Teknik Sipil
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 20 Jan 2017 01:58
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22741

Actions (login required)

View Item View Item