PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK DASAR PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 2 MEDAN

Barimbing, nancy S (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK DASAR PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NANCY S BARINGBING, NIM 5103311025. COVER.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NANCY S BARINGBING, NIM 5103311025. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NANCY S BARINGBING, NIM 5103311025. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NANCY S BARINGBING, NIM 5103311025. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NANCY S BARINGBING, NIM 5103311025. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NANCY S BARINGBING, NIM 5103311025. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NANCY S BARINGBING, NIM 5103311025. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NANCY S BARINGBING, NIM 5103311025. BAB I.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NANCY S BARINGBING, NIM 5103311025. BAB V.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NANCY S BARINGBING, NIM 5103311025. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis komputer terhadap hasil belajar MTD siswa kelas X Jurusan Teknik Bangunan di SMK Negeri 2 Medan. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Jurusan Teknik Bangunan di SMK Negeri 2 Medan yang diambil secara acak dengan undian sehingga didapat, Kelas X Bangunan Gambar (TBG2) sebagai kelas Drill and Practice dengan jumlah siswa 31 orang dan Kelas X Bangunan Gambar (TBG3) sebagai kelas tutorial dengan jumlah siswa 37 orang. Jadi total subjek yang diteliti adalah sebanyak 68 orang. Sebelum penelitian ini dilakukan, instrumen penelitian terlebih dahulu di uji cobakan, dilanjutkan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji validitas butir tes digunakan rumus korelasi product moment. Uji reliabilitas tes digunakan rumus K-R20, instrumen tes hasil belajar MTD yang valid diperoleh 30 butir dari 38 butir tes yang di ujicobakan, dan koefisien reliabilitasnya sebesar 0.8960. Dalam uji normalitas pre-test dan post-test pada kedua kelas diperoleh bahwa Fhitung<Ftabel, sehingga distribusi dinyatakan normal. Pada uji Homogenitas dilakukan uji kesamaan dua varians maka didapatkan hasil 1,06<1,865, sehingga dapat disimpulkan hasil belajar kedua kelas juga memiliki varians yang sama atau Homogen. Pada uji hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh bahwa, setelah kelas drill and practice dikenai perlakuan dan setelah dikenai perlakuan dengan pembelajaran tutorial, nilai thitung dikonsultasikan dengan ttabel pada db=66 dan α=0,05, diperoleh harga ttabel = 1,671, berarti thitung = 4,43 > ttabel = 1,671, maka dinyatakan Ho ditolak dan Ha diterima bahwa pembelajaran berbasis komputer memberi pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar MTD pada siswa kelas X Jurusan Teknik Bangunan di SMK Negeri 2 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHutagaol, Parlaungan Gabriel196008071986011001
Call Number: SK-2015 BAN 010
Keywords: berbasis komputer, Hasil Belajar, Media Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TH Building construction > TH845 Architectural engineering. Structural engineering of buildings
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 19 Jan 2017 07:37
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22738

Actions (login required)

View Item View Item