PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GAMBAR KONSTRUKSI BANGUNAN KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK N 1 STABAT

Indriyani, Vony (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GAMBAR KONSTRUKSI BANGUNAN KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK N 1 STABAT. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 5103111039 COVER.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 5103111039 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (655kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5103111039 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5103111039 PREFACE.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5103111039 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 5103111039 TABLES.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 5103111039 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 5013111039 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 5103111039 CAHPTER I.pdf - Published Version

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 5103111039 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 5103111039 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual di banding menggunakan media visual terhadap hasil belajar Gambar Konstruksi Bangunan pada kelas XI Program keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 1 Satabat. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu, dimana subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI TGB, dimana sampel penelitian diambil dengan teknik Random Sampling. Siswa pada kelas XI TGB 1 (kelas Eksperimen) dan XI TGB 2 (kelas Kontrol). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes, yang meliputi tes objektif dan tes psikomotorik. Tes objektif dilakukan uji coba instrumen yang meliputi uji validitas, uji reabilitas, uji daya pembeda dan kesukaran tes. Sedangkan untuk tes psikomotorik tidak dilakukan uji coba. Analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji perbedaan rata-rata (uji t). Hasil penelitian meliputi uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,098 dan Ftabel = 1,901 dapat disimpulkan bahwa kedua kelompok mempunyai varians yang sama. Sedangkan berdasarkan hasil uji perbedaan rata-rata (uji t), dengan nilai rata-rata pre test kelas eksperimen 64,06 dan pada kelas kontrol 63,34. Sedangkan nilai rata-rata post test pada kelas eksperimen 86,79 dan pada kelas kontrol 84,98. Sehingga didapatkan nilai thitung sebesar 2,15. Nilai tersebut lebih besar dari nilai ttabel yang sebesar 1,67. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSitompul, Harun196007051986031001
Call Number: SK-2015 BAN 009
Keywords: Media Pembelajaran Audio Visual, Hasil Belajar, Gambar, Konstruksi Bangunan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TH Building construction > TH845 Architectural engineering. Structural engineering of buildings
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 19 Jan 2017 07:29
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22737

Actions (login required)

View Item View Item