KONTRIBUSI PELAKSANAAN SUPERVISI DAN KEMAMPUAN KOORDINASI KEPALA MADRASAH TERHADAP PRESTASI KERJA GURU MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 SE KABUPATEN ACEH TENGGARA

Djaharudin (2006) KONTRIBUSI PELAKSANAAN SUPERVISI DAN KEMAMPUAN KOORDINASI KEPALA MADRASAH TERHADAP PRESTASI KERJA GURU MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 SE KABUPATEN ACEH TENGGARA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 045030415- Abstrak.pdf]
Preview
Text
045030415- Abstrak.pdf - Published Version

Download (432kB) | Preview
[thumbnail of 045030415- Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
045030415- Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (694kB) | Preview
[thumbnail of 045030415- Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
045030415- Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (396kB) | Preview
[thumbnail of 045030415- Bab I.pdf]
Preview
Text
045030415- Bab I.pdf - Published Version

Download (457kB) | Preview
[thumbnail of 045030415- Bab V.pdf]
Preview
Text
045030415- Bab V.pdf - Published Version

Download (590kB) | Preview
[thumbnail of 045030415- Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
045030415- Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (388kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan supervisi dan kemampuan koordinasi kepala madrasah merupakan kemampuan atau potensi yang harus dimiliki kepala madrasah. Begitu pentingnya kedua aspek ini maka kedua variabel ini perlu dijadikan objek penelitian. Untuk melakukan pengujian secara empiris, dua variabel tersebut akan diteliti tingkat kontribusinya terhadap prestasi kerja guru Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Aceh Tenggara. Rumusan masalah yang diajukan meliputi: (1) Adakah kontribusi yang signifikan pelaksanaan supervisi terhadap prestasi kerja guru Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Aceh Tenggara? (2) Adakah kontribusi yang signifikan kemampuan koordinasi terhadap prestasi kerja guru Madrasah Aliyah Negeri se-¬Kabupaten Aceh Tenggara? dan (3) Adakah kontribusi yang signifikan pelaksanaan !atpervisi dan kemampuan koordinasi kepab madrasab secara bersama-sama terhadap prestasi kerja guru Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Aceh Tenggara.Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan hubungan pelaksanaan supervisi dan kemampuan koordinasi kepala madrasah dengan prestasi kerja guru Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Aceh Tenggara. Populasi penelitian ini adalah guru dengan jumlah 70 orang. Untuk menentukan sampel digunakan teknik Random Sampling dengan mengadopsi teknik sampling ukuran random sampel sebagaimana tertera pada tabel Krejcie dan Morgan, dan berdasarkan perhitungan dan teknik tersebut diperoleh jumlah sampel 59 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data ialah Angket (kuesioner) skala Likert dan diolah dengan teknik analisis Alpha Cronbach. Hasil uji coba dan perhitungan masing-masing variabel sebagai berikut; (1) Variabel pelaksanaan supervisi (X1) r = 0,910. (2) Variabel kemampuan koordinasi kepala madrasah X2r = 0,916 dan (3) Variabel prestasi kerja guru (Y) r = 0,816. Teknik analisis yang digunakan ialah teknik analisis korelasi dan regresi, dan seluruh pengujian menggunakan taraf kepercayaan 95% pada  = 0,95. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan dan kontribusi yang signifikan antara pelaksanaan supervisi dengan prestasi kerja guru Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Aceh Tenggara dengan koefisien korelasi mencapai ryx1 = 0,627. Besar koefisien korelasi ini menunjukkan keduanya tergolong memiliki hubungan yang cukup sedangkan besar kontribusinya mencapai 39,3% dan terdapat hubungan yang cukup signifikan antara pelaksanaan supervisi dengan prestasi kerja guru Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Aceh Tenggara dengan koefisien kerelasinya sebesar 0,540 dengan besar kontribusinya 29,16%. Sementara itu besar hubungan antara pelaksanaan supervisi dan kemampuan koordinasi kepala madrasah secara bersama-sama dengan kerja guru Madrasah Aliyah Negeru se-Kabupaten Aceh Tenggara menunjukkan kontribusi sebesar 57% serta membentuk persamaan regresi Banda Y = 2,57 + 048 X1 + 0,43 X2.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.203 Dja k
Keywords: Prestasi kerja; Kemampuan koordinasi; Kepala madrasah; Supervisi; Guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 03 Oct 2016 09:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2273

Actions (login required)

View Item
View Item