meraba kelompok penuh nilai bergairah tujuan menjadi baik sudah menerima hadapi baru satu mengerjakan serta bermanfaat butuhkan pengaruh hal beraktivita lain peningkatan keterampilan mengkonstruksikan hari keberhasilan model melakukan benda penjelasan ketercapaian solusi demikian tempat dilatih mengajar memecahkan berkesinambungan perhitungan melihat tinggi setelah dicapai mendengar selebihnya topik keaktifan ikut batu mendengarkan aspek penemuan pengetahuannya kecenderungan menjawab membantu antusia terlihat maupun sesuai mampu implikasi statika seluruh karena siklu acuan berikut terhadap binjai bahwa teknik LKS KESIMPULAN tidak mengajak suatu ditemukan tindakan menyelesaikan terutama pada fasilitator ilmu membuktikan agar bukan penilaian berkembang mengalami tahap beton secara diajarkan menghasilkan pengetahuan kegiatan membimbing mengikuti SARAN kontekstual sekaligu penerapan kejuruan berusaha aktif psikomotorik adalah sekedar penyelesaian berpendapat dimana materi membuat menemukan tetapi student alat kemampuan sendiri konstruksi untuk masyarakat kognitif kesempatan perkembangan jawaban negeri dan positif mempelajari lapangan dipelajarinya tersebut dunia indikator anak selanjutnya penyampaian melatih keterkaitan IMPLIKASI mengenai siswa meningkatkan membangun program khususnya sangat individu kepada konsep keluasan bahan tercapai berpengalaman berpikirnya peneliti meneru dengan berpusat utuh membawa diskusi merupakan usaha pembahasan berkaitan memahami centered perlu hubungan tuga langsung berperan peraga orang menggunakan hasil rata akan melibatkan saran atau lanjut disimpulkan pelajaran berpengaruh yang penelitan 103 langkah sehari dapat sekitarnya prose memiliki yaitu dalam informasi tegangan penggunaan dikuasai apabila pemahaman lebih menerapkan pendapat keterhubungan diberikan afektif hanya signifikan mendapat guru diharapkan penelitian SMK memberikan melalui motivator belajar sebagai sebab nyata maka datang berupa berani sehingga mencatat berdiskusi dipandang permasalahan sekolah pemberian bukti dari observasi mudah kesimpulan kompetensi saja sedang terdapat pembelajaran waktu memperoleh mata itu mengaitkannya dipengaruhi berdampak pertanyaan BAB haru oleh menjadikan penting tantangan referensi percobaan aktivita DAN terjadi tepat digunakan dasar dimilikinya alternatif mendukung teru kela juga komulatif perkembangannya bersemangat selain diadakannya mengembangkan diketahuinya mengingat antara menganalisi lingkungan PTK cepat meningkat diterapkan keahlian didorong ini menunjukan mengaitkan pengalaman diketahui mereka setiap berfungsi kehidupan berdasarkan mencari diaplikasikan pelaksanaan objek salah mempermudah bagi masa jika II bertanya tingkat