UPAYA PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI MEKANIK DI KELAS X SMK NEGERI 1 SITINJO KAB. DAIRI

Siburian, Rijal Jeki (2015) UPAYA PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI MEKANIK DI KELAS X SMK NEGERI 1 SITINJO KAB. DAIRI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 5102121015 COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 5102121015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5102121015 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5102121015 PREFACE.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5102121015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5102121015 TABLES.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5102121015 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 5102121015 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 5102121015 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 5102121015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Mekanik materi Alat ukur di kelas X TP SMK Negeri 1 Sitinjo Kab.Dairi, pada semester ganjil tahun ajaran 2014/2015 dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TP SMK Negeri 1 Sitinjo Kab.Dairi. Penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data terhadap aktivitas belajar siswa dengan lembar observasi, sedangkan hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan tes. Berdasarkan hasil analisis data, maka diperoleh hasil analisis: (1) pada siklus I diperoleh 19 siswa (59,4%) yang telah mencapi tingkat ketuntasan belajar , sedangkan 13 siswa (40,6%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 67,7. (2) dari siklus II diperoleh 28 siswa (87,5%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar , sedangkan 4 siswa (12,5%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 75. (3) hasil observasi pelaksanaan pembelajaran menunjukkan bahwa pembelajaran Teknologi Mekanik pada materi Alat ukur dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berjalan dengan baik. Berdasarkan Hasil penelitian di atas, dengan Penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Mekanik materi Alat Ukur di kelas X TP SMK Negeri 1 Sitinjo Kab.Dairi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorPurba, Saut196108061987031012
Call Number: SK-2015 MSN 001
Keywords: Model pembelajaran kooperatif tipe STAD; Hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ170 Mechanics applied to machinery. Dynamics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 19 Jan 2017 03:08
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22707

Actions (login required)

View Item View Item