MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEKNOLOGI MEKANIK DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 1 STABAT TAHUN AJARAN 2014/2015

Amri, Mhd Fauzi (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEKNOLOGI MEKANIK DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 1 STABAT TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. SURAT PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Teknologi Mekanik pokok bahasan teknik penanganan material dengan menggunakan pendekatan pembelajaran saintifik di kelas X Program Keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Stabat Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), subjek dalam penelitian ini siswa kelas X Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Stabat tahun ajaran 2014/2015 sebanyak 31 orang siswa. Pelaksanaan tindakan dilakukan selama dua siklus, dimana setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Hasil pada siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa 79,67 dengan ketuntasan belajar siswa sebanyak 22 orang (70,96%) tergolong rendah. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata siswa 87,41 dengan ketuntasan belajar sebanyak 28 orang siswa (90,32%) tergolong tinggi. Disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Mekanik pokok bahasan teknik penanganan material dari tindakan pada siklus I rata-rata hasil belajar 79,67 kemudian dilakukan tindakan pada siklus II rata-rata hasil belajar 87,41. Peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 7,74.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorEfendi, Hidir196101251987031001
Call Number: SK-2015 MSN 004
Keywords: Hasil belajar siswa; Pendekatan pembelajaran saintifik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ170 Mechanics applied to machinery. Dynamics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 18 Jan 2017 08:18
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22701

Actions (login required)

View Item View Item