PENERAPAN PEMBELAJARAN GENIUS LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU BANGUNAN PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN DI SMK NEGERI 1 STABAT

Sibarani., Meliana Magdalena (2014) PENERAPAN PEMBELAJARAN GENIUS LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU BANGUNAN PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN DI SMK NEGERI 1 STABAT. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. Nim 5103311021 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Nim 5103311021 Surat Pertanyaan.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Nim 5103311021 Lembar Persetujuan.pdf - Published Version

Download (639kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Nim 5103311021 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Nim 5103311021 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.Nim 5103311021 Kata Pengantar Dan Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Nim 5103311021 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Nim 5103311021 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Nim 5103311021 Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. Nim 5103311021 Bab V Kesimpilan Dan Saran.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. Nim 5103311021 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu bangnunan melalui penerapan strategi pembelajaran Genius Learning pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Stabat semester ganjil Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 30 orang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur tindakan dikemas ke dalam dua siklus pembelajaran. Dimana siklus pertama mempelajari jenis-jenis kayu, sifat dan karateristik kayu serta kuat tarik dan tekan kayu. Dan siklus siklus kedua mempelajari keawetan kayu dan pemeriksaan jenis-jenis kayu secara visual sebagai bahan bangunan. Hasil uji coba instrument yang dilakukan pada siklus pertama dari 35 soal diperoleh 28 soal yang valid dan dari data yang valid uji tingkat kesukaran didapat 7 soal yang mudah, 20 soal yang sedang dan 1 soal yang sulit. Uji daya beda didapat 3 soal sangat baik, 14 soal yang baik, 10 soal cukup dan 1 sukar. Uji reabilitas diperoleh 0,9314 (sangat tinggi). Pada siklus kedua dari 32 soal diperoleh 27 soal valid dan dari data yang valid uji tingkat kesukaran didapat 3 soal mudah, 24 soal sedang, uji daya beda didapat 2 sangat baik, 14 soal baik, 10 soal cukup dan 1 soal yang jelek. Uji reabilitas diperoleh 0.915 ( sangat tinggi). Penelitian ini dikatakan berhasil diukur berdasarkan indicator berdasarkan indicator rata-rata komulatif aktivitas dan hasil belajar siswa mendapat nilai 80 sekurang-kurangnya 80% di dalam kelas dengan baik dalam pemebelajaran Ilmu Bangunan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I siswa yang mendapat nilai 80 sebanyak 8 siswa atau 26,67 % sedangkan aktivitas belajar didapat 75 % diakhir siklus I. Oleh karena itu perlu diadakan siklus II, dan hasil evaluasi pada siklus II menunjukan bahwa siswa yang mendapat nilai minimal 80 sebanyak 14 siswa atau 46,67% sedangkan aktivitas siswa didapat 87% diakhir siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Genius Learning untuk meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Ilmu Bangunan Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Stabat Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan Tahun Ajaran 2014/2015 membuktikan peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa. Maka, dari hasil penelitian di atas pengajuan hipotesis yang menyatakan bahwa : 1. Penerapan Strategi Pembelajaran Genius Learning dapat meningkatkan aktivitas siswa pada mata pelajaran Ilmu Bangunan dapat diterima. 2. Penerapan Strategi Pembelajaran Genius Learning dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Bangunan dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorButarbutar, Ronald195711121981031007
Call Number: SK-2015 BAN 024
Keywords: Genius Learning, Aktivitas, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TH Building construction > TH7700 Illumination. Lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 18 Jan 2017 08:11
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22698

Actions (login required)

View Item View Item