UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LEMPAR CAKRAM MELALUI PENDEKATAN BERMAIN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA YANG DIMODIFIKASI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 TAKENGON T.A. 2016/2017

Fadli, Muhammad Fajrul (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LEMPAR CAKRAM MELALUI PENDEKATAN BERMAIN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA YANG DIMODIFIKASI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 TAKENGON T.A. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 6121111025 COVER.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 6121111025 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 6121111025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 6121111025 PREFACE.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 6121111025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 6121111025 TABLES.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 6121111025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 6121111025 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 6121111025 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 6121111025 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 6121111025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lempar cakram melalui pendekatan bermain dengan menggunakan media yang dimodifikasi pada siswa kelas X-1 SMA N 5 Takengon. Metode penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas ( PTK ) dan Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-1 yang terdiri dari 27 siswa, objek dalam penelitian ini adalah menggunakan metode pendekatan bermain dengan menggunakan media yang dimodifikasi dalam upaya meningkatkan hasil belajar lempar cakram pada siswa kelas X-1 SMA N 5 Takengon Tahun ajaran 2016/2017. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar penilaian teknik dasar lempar cakram. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes siklus I yang berbentuk teknik dasar lempar cakram, setelah tes siklus I dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dari 27 siswa terdapat 18 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 66,67 % dengan niai rata-rata 70,59, dan 9 siswa yang tidak tuntas sebesar 33,33%. Ini berarti ketuntasan klasikal (>85%) belum tercapai. Untuk itu peneliti masih melakukan beberapa perbaikan dalam pembelajaran, dan peneliti melanjutkan penelitiannya dengan melakukan tes siklus II yang sama perlakuannya pada siklus I. setelah tes siklus II dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dari 27 siswa terdapat 24 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 88,89 % dengan nilai rata-rata 78,58 dan 3 siswa yang tidak tuntas sebesar 11,11 % Ini berarti ketuntasan secara klasikal (>85%) telah tercapai. Berdasarkan hasil Penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan bermain dengan menggunakan media dapat meningkatkan hasil belajar lempar cakram pada siswa kelas X SMA N 5 Takengon Tahun Ajaran 2016/2017

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorDamanik, Saipul Ambri198710262014041001
Call Number: SK-2016 PJKR 048
Keywords: Pendidikan Jasmani, hasil Belajar, Lempar Cakram
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV743 Athletic and sporting goods, supplies, etc.
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Jan 2017 08:18
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22680

Actions (login required)

View Item View Item