KONTRIBUSI IKLIM ORGANISASI DAN KEPEMIMPINAN SITUASIONAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP SEMANGAT KERJA GURU SD NEGERI SE-KECAMATAN MEDAN DENAI

Sitepu, Legawati (2006) KONTRIBUSI IKLIM ORGANISASI DAN KEPEMIMPINAN SITUASIONAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP SEMANGAT KERJA GURU SD NEGERI SE-KECAMATAN MEDAN DENAI. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
045030390- Abstrak.pdf - Published Version

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
045030390- Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (794kB) | Preview
[img]
Preview
Text
045030390- Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
045030390- Bab I.pdf - Published Version

Download (875kB) | Preview
[img]
Preview
Text
045030390- Bab V.pdf - Published Version

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
045030390- Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (491kB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah seberapa besar kontribusi iklim organisasi dan kepemimpinan situasional kepala sekolah terhadap sernangat kerja guru SD Negeri Se Kecamatan Medan Denai. Sementara tinjauan penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi iklim organisasi dan kepemimpinan situasional kepala sekolah terhadap semangat kerja guru SD Negeri Se- Kecamatan Medan Denai. Hipotesis yang diuji, yaitu: (1) Iklim organisasi berkontribusi positif dan signifikan terhadap semangat kerja guru SD Negeri Se-Kecamatan Medan Denai, (2) Kepemimpinan situasional kepala sekolah berkontribusi positif dan signifikan terhadap semangat kerja guru SD Negeri Se-¬Kecamatan Medan Denai, (3) Iklim organisasi dan kepemimpinan situasional kepala sekolah berkontribusi positif dan signifikan terhadap semangat kerja guru SD Negeri Se-¬Kecamatan Medan Denai.Populasi penelitian ini adalah guru SD Negeri Se-Kecamatan Medan Denai dengan jumlah 219 orang. Untuk menentukan sampel digunakan teknik Proportional Sampling, dan berdasarkan perhitungan dan teknik tersebut diperoleh jumlah sampe1 139 orang.Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data ialah Angket (kuesioner) Skala likert dan diolah dengan teknik analisis Alpha Cronbach. Hasil uji coba dan perhitungan masing-masing variabel sebagai berikut: (1) variabel iklim organisasi (X1) rt, = 1,893 dan (2) variabe1 kepemimpinan situasional kepala sekolah (X2)ru = 0,805 dan (3) variabelsemangat kerja guru (Y) re, = 0,938. Teknik analisis yang digunakan ialah teknik analisis korelasi dan regresi dan seluruh pengujian menggunakan taraf kepercayaan 95% pada a=0,05.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat kontribusi yang signifikan iklim organisasi terhadap semangat kerja guru SD Negeri Se-Kecamatan Medan Denai dengan koefisien determinasinya mencapai ryx = 0,880, dan terdapat kontribusi yang signifikan kepemimpinan situasional terhadap semangat kerja guru SD Negeri Se-Kecamatan Medan Denai dengan koefisien determinasinya sebesar 0,608. Sementara itu besar kontribusi iklim organisasi dan kepemimpinan situasional secara bersama-sama terhadap semangat kerja guru SD Negeri Se-Kecamatan Medan Denai menunjukkan korelasi determinasinya sebesar 0,835, serta membentuk persamaan regresi Banda Y = 20,844 + 0,850X1 + 0,247X2. Besar sumbangan iklim organisasi dan kepemimpinan situasional kepala sekolah terhadap semangat kerja guru SD Se-Kecamatan Medan Denai masing-masing adalah sebesar 56,14% dan 32,76%.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorYusnadi, 196305201987031004
Thesis advisorDamanik, Ibnu Hajar196305201987031004
Call Number: 379.151 Sit k
Keywords: Semangat kerja; Organisasi; Kepemimpinan transformasional; Kepala sekolah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2268

Actions (login required)

View Item View Item