PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN SIKAP BAHASA TERHADAP HASIL BELAJAR MENGAPRESIASI PUISI SISWA KELAS 1 SMP NEGERI 1 SILEMA PUNGGA-PUNGGA KABUPATEN DAIRI

Sinaga, Japaris (2006) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN SIKAP BAHASA TERHADAP HASIL BELAJAR MENGAPRESIASI PUISI SISWA KELAS 1 SMP NEGERI 1 SILEMA PUNGGA-PUNGGA KABUPATEN DAIRI. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
035020184- Abstrak.pdf - Published Version

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
035020184- Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (917kB) | Preview
[img]
Preview
Text
035020184- Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (923kB) | Preview
[img]
Preview
Text
035020184- Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
035020184- Bab V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
035020184- Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (889kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dan sikap bahasa terhadap kemampuan mengapresiasi puisi. Penelitian dengan kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini bedumlah 228 orang yang berasal dari 6 kelas 1 SMP Negeri 1 Silima Punggapungga Kabupaten Dairi. Sedangkan sampel berjunlah 74 orang yang diambil dari 2 kelas dengan menggunakan cluster sampl ing.Sebelum perlakuan dilaksanakan terlebih dahulu sampel penelitiandiberikan angket sikap bahasa untuk membedakan jenis sikap bahasa yang dimiliki. Tes kemampuan mengapresiasi puisi yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian terlebih dahulu diujicobakan untuk mengetahui tingkat validitas dan reliabilitas tes. Masil yang diperoleh dari 40 soal yang diujikan sebanyak 35 soal yang memenuhi persyaratan. Statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan statistik inferensial untuk menguji hipotesis penelitian. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan Anava 2 jalur yang sebelumnya terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dengan uji Liliefors dan uji homogenitas varians dengan uji Bartlett.Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh modelpembelajaran terhadap kemampuan mengapresiasi puisi. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung > Ftabel , yaitu 6,39 > 3,98 pada taraf signifikansi a = 0,05 dengan dk = ( 1,70). Terdapat pengaruh perbedaan sikap bahasa terhadap kemampuan mengapresiasi puisi. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung > Ftabel yaitu 12,74 > 3,98 pada taraf signifikansi a = 0,05 dengan dk = (1,70), dan terdapat interaksi antara model pembelajaran dan sikap bahasa terhadap kemampuan mengapresiasi puisi. Hal ini ditunjukkan oleh 1 -Fhitung > Ftabel yaitu 5.27 > 3

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSibuea, Abdul Muin195810081981031002
Thesis advisorSitumorang, Julaga195108021978031002
Keywords: Sikap Bahasa; Hasil Belajar; Puisi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PN Literature (General)
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry
P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2267

Actions (login required)

View Item View Item