MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI MESIN BUBUT KELAS XI SMK NEGERI 1 BALIGE

Sinambela, Supriando M. (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI MESIN BUBUT KELAS XI SMK NEGERI 1 BALIGE. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 5103121040 COVER.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 5103121040 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5103121040 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5103121040 PREFACE.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5103121040 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5103121040 TABLES.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5103121040 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 5103121040 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 5103121040 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 5103121040 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena rendahnya hasil belajar pada kompetensi dasar teknik pemesinan bubut dimana dari 35 siswa yang dinyatakan lulus (KKM ≥ 70) 4 siswa atau sekitar 11,43% dan 31 siswa lagi dinyatakan tidak lulus atau sekitar 88,57%. Dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar pada kompetensi dasar teknik pemesinan bubut. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Balige, objek dari penelitian ini satu kelas, yaitu kelas XI TP-1 yang berjumlah 35 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitan Tindakan Kelas (PTK), dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dimana dari tiap siklus memiliki tahapan berupa: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan mengunakan postes dan lembar observasi aktifitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat. Dimana pada tes awal sebelum diberikan tindakan nilai rata-rata siswa 36,97 dengan jumlah persentase kelulusan klasikal 11,43%. Pada siklus I dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) diperoleh nilai rata-rata siswa 62,05 dengan persentase kelulusan klasikal 57,14% dan persentase aktivitas belajar siswa 60,41%. Meski sudah mengalami peningkatan namun kelas belum dapat dinyatakan lulus secara klasikal (siswa yang lulus ≥ 80%) oleh karena itu dilanjutkan dengan siklus II dengan mempertimbangkan hasil refleksi pada siklus I. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata siswa 74,57 dengan persentase kelulusan klasikal 88,57% dan persentase aktivitas belajar siswa 79,16%. Pada siklus II kelas telah mengalami peningkatan hasil belajar dan telah dinyatakan lulus secara klasikal. Dengan itu dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT)) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TP-1 SMK Negeri 1 Balige pada kompetensi dasar teknik pemesinan bubut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSitumorang, Benyamin195406151982011001
Call Number: SK-2015 MSN 041
Keywords: Hasil belajar; Mesin bubut; Aktivitas belajar; Pembelajaran kooperatif; Numbered head together
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ1480 Agricultural machinery. Farm machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 16 Jan 2017 08:18
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22656

Actions (login required)

View Item View Item