PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR INSTALASI PENERANGAN LISTRIK SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM

Simanjuntak, Bensius (2015) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR INSTALASI PENERANGAN LISTRIK SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan model pembelajaran ekspositori terhadap hasil belajar instalasi penerangan listrik siswa kelas XI SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI bidang keahlian teknik instalasi tenaga listrik SMK Negeri 1 Lubuk Pakam tahun ajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Lubuk Pakam yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 62 orang. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan cara random atau acak berdasarkan homogen siswa, sehingga sampel penelitian ini dilaksanakan pada dua kelas dimana pembelajaran model number head together pada kelas XI TITL 1, sedangkan pembelajaran ekspositori pada kelas I TITL 2, yang tiap kelas terdiri dari 30 dan 32 siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dijaring dengan menggunakan test objektif. Untuk menguji normalitas data digunakan uji liliefors pada taraf kepercayaan (α) sebesar 0,05. Pada pembelajaran NHT diperoleh Lhitung= 0,0652 dan Ltabel = 0,161 maka diperoleh Lhitung(0,0652) < Ltabel(0,161) pada kategori normal, dan pada pembelajaran ekspositori Lhitung = 0,096 dan Ltabel = 0,149 maka diperoleh Lhitung(0,096) < Ltabel(0,149) pada kategori normal. Uji homogenitas instrument hasil belajar Memahami Pengukuran Komponen Elektronika diperoleh Fhitung sebesar 1,28 dan Ftabel 2,61 karena Fhitung < Ftabel atau 1,28 < 2,61 maka seluruh varians adalah homogen, sehingga dapat disimpulkan seluruh data varians hasil penelitian homogen. Dengan hasil analisis uji beda yang memakai Uji-t dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa terdapat Perbedaan Antara Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Dengan Pembelajaran Ekspositori Terhadap Hasil Belajar Instalasi Penerangan Listrik Pada Siswa Kelas XI Negeri 1 Lubuk Pakam. Hal ini terlihat dari nilai thitung = 2,83 yang lebih besar dari ttabel yaitu 2,00.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorBaharuddin, 196612311992031020
Call Number: SK-2015 ELK 004
Keywords: Model pembelajaran number head together , model pembelajaran ekspositori, hasil belajar memasang instalasi listrik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK2000 Dynamoelectric machinery and auxiliaries Including generators, motors, transformers
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 16 Jan 2017 07:09
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22651

Actions (login required)

View Item View Item