PENGEMBANGAN MEDIA COURSELAB 2.4 PADA MATA PELAJARAN RANCANG BANGUN JARINGAN KELAS XI SMK AWAL KARYA PEMBANGUNAN (AKP) GALANG

Hariyanti, Fitri (2015) PENGEMBANGAN MEDIA COURSELAB 2.4 PADA MATA PELAJARAN RANCANG BANGUN JARINGAN KELAS XI SMK AWAL KARYA PEMBANGUNAN (AKP) GALANG. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (791kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan titik sentral yang sangat berpengaruh untuk meningkatkan kemajuan suatu negara. Melalui pendidikan harkat dan martabat bangsa dapat ditingkatkan dan dengan demikian untuk memajukan negara ke arah yang lebih baik lagi dapat terwujud. Pendidikan menjadi suatu hal yang sangat penting untuk dikembangkan, sehingga pembangunan sumber daya manusia dibidang pendidikan merupakan modal utama dalam pembangunan bangsa. Untuk menghadapi persaingan dalam era globalisasi, pemerintah berusaha mengantisipasi melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia, dilakukan dengan peningkatan kualitas pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran rancang bangun jaringan yang menggunakan Courselab 2.4 dengan standar kompetensi memahami terminologi dasar jaringan. Penelitian ini mengacu pada model ADDIE ( Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation). Dengan rincian: (1) Analisys (meliputi: studi pendahuluan, analisis kurikulum, analisis kebutuhan), (2) Design (meliputi: pembuatan garis besar ini courselab 2.4, penyusunan kerangka), (3) Development (meliputi: pembuatan materi dengan menggunakan media courselab 2.4), (4) Implementation (meliputi: uji coba didalam kelas) dan (5) Evaluation ( meliputi: indikator keberhasilan media yang mengevaluasi setiap tahap pengembangan). Produk media pembelajaran yang telah dikembangkan mempunyai kualitas Baik, berdasarkan penilaian ahli media I dengan skor 4.38 ,ahli media II dengan skor 3.84 ,ahli materi dengan skor 4.00 dan penelitian terhadap siswa dengan skor 4.47 . Dengan ini pengembangan media dapat meningkatkan hasil belajar rancang bangun jaringan pada materi terminologi dasar jaringan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSriadhi, 196304221989031006
Call Number: SK-2015 ELK 009
Keywords: Media pembelajaran, Courselab 2.4, ADDIE, Rancang bangun jaringan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK2000 Dynamoelectric machinery and auxiliaries Including generators, motors, transformers
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 16 Jan 2017 04:40
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22646

Actions (login required)

View Item View Item