PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN PEMBELAJARAN DAN KREATIVITAS BERPIKIR MAHASISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN IPA MAHASISWA PGSD FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIMED T.A 2005/2006

Anwar, Khairul (2006) PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN PEMBELAJARAN DAN KREATIVITAS BERPIKIR MAHASISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN IPA MAHASISWA PGSD FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIMED T.A 2005/2006. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
015020066- Abstrak.pdf - Published Version

Download (648kB) | Preview
[img]
Preview
Text
015020066- Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (861kB) | Preview
[img]
Preview
Text
015020066- Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
015020066- Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
015020066- Bab V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
015020066- Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (550kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan hasil belajar Pendidikan WA mahasiswa yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran Keterampilan Proses dan Ekspositori. (2) mengetahui perbedaan hasil belajar Pendidikan IPA mahasiswa yang memiliki kreativitas berpikir Tinggi dan Rendah bila diajar dengan pendekatan pembelajaran Keterampilan Proses dan Ekspositori, dan (3) mengetahui interaksi antara Pendekatan Pembelajaran dan kreativitas berpikir dalant mempengaruhi hasil belajar Pendidikan IPA. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ( I) Terdapat perbedaan hasil belajar Pendidikan IPA mahasiswa yang diajar dengan pendekatan pengorganisasian pembelajaran keterampilari proses dan mahasiswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran ekspositori. (2) Terdapat perbedaan hasil belajar Pendidikan IPA mahasiswa yang memiliki daya kreativitas berpikir tinggi dan mahasiswa yang memiliki daya kreativitas berpikir rendah. Dalian hal ini, hasil belajar Pendidikan IPA mahasiswa yang memiliki daya kreativitas berpikir tinggi lebih baik jika diajar dengan pendekatan pembelajaran Keterampilan Proses dari pada menggunakan pendekatan pengorganisasian pembelajaran Ekspositori. (3) Terdapat interaksi antara Pendekatan Pembelajaran dan Kreativitas Berpikir dal-am mempenganthi hasil belajar Pendidikan IPA. Dalam hal ini hasil belajar Pendidikan IPA mahasiswa yang memiliki daya kreativitas berpikir rendah bila diajar dengan pendekatan pembelajaran Ekspositori lebih baik dart pada menggunakan pendekatan pembelajaran Keterampilan Proses. Penelitian int dilakukan di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan, menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2 dan sampel bedumlah 80 orang mahasiswa yang pengarnbilannya dilakukan dengan cluster random sampling.Instrumen penelitian hasil belajar Pendidikan IPA menggunakan tes berbentuk pilihan ganda dengan 4 pilihan jawaban (a,b,c,dan d) berjurnlah 30 butir dan memiliki reliabilitas 0,773 menggunakan uji KR-20. Untuk menjaring data kreativitas berpikir mahasiswa digunakan tes kreativitas berpikir figural dan verbal, di mana nilai reliabilitasnya sebesar 0,856 yang diuji dengan menggunakan rumus Alpha.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHamid K, Abdul195802221981031001
Thesis advisorBadiran, Muhammad194410301976031001
Call Number: 370.152 Anw p
Keywords: Hasil Belajar; Kreativitas Berfikir
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2263

Actions (login required)

View Item View Item