MANAJEMEN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PROGRAM KELOMPOK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) SIANTAR KOTA PEMATANG SIANTAR

Hutapea, Risma (2005) MANAJEMEN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PROGRAM KELOMPOK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) SIANTAR KOTA PEMATANG SIANTAR. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
035030361- Abstrak.pdf - Published Version

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
035030361- Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (808kB) | Preview
[img]
Preview
Text
035030361- Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
035030361- Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
035030361- Bab VI.pdf - Published Version

Download (750kB) | Preview
[img]
Preview
Text
035030361- Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (370kB) | Preview

Abstract

Pemberdayaan rnasyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan merupakan tuntutan otonomi daerah sekaligus menjadi jawaban atas tantanganPemberdayaan masyarakat dilakukan untuk membuat masyarakat berdaya dan mengoptimalkan peransertanya dalam penyelenggaraaan pendidikan. Fakta menunjukkan bahwa upaya pemberdayaan masyarakat di SKB Siantar sudah dilakukan namun belum optimal. Jika hal ini tidak ditindaklanjuti, maka dikhawatirkan banyak anak usia pra sekolah yang tidak memperoleh pendidikan usia dini, dan upaya peningkatan mutu pendidikan tidak tercapai sesuai dengan yang diharapkan,Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan manajemen pemberdayaan masyarakat yang dilakukan pada program Kelompok Bermain di SKB Siantar, bagaimana mutu pendidikan Kelompok Bermain, serta keterkaitan pemberdayaan masyarakat dengan mutu pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi dilakukan untuk memperoleh data dari Kepala SKB, Penyelenggara Kelompok Bermain, Tenaga Pendidik Kelompok Bermain, Pamong Belajar SKB Siantar, orang tua warga belajar, tokoh pendidikan, tokoh masyarakat, organisasi profesi, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Keluarga Berencana, dan warga belajar. Penelusuran informasi dihentikan apabila tidak ada lagi data yang baru. Selanjutnya dilakukan validasi data dengan trianggulasi, penggunaan bahan referensi. serta membandingkan hasil wawancara dengan observasi dan dokumentasi.Temuan penelitian menujukkan bahwa fungsi-fungsi manajemen dalam pemberdayaan masyarakat pada program Kelompok Bermain di SKB Siantar antara lain: 1) perencanaan (planning) meliputi kegiatan penentuan tujuan, anggaran dan pengelolaan. 2) pengorganisasian (organizing), meliputi kegiatan penyusunan personil, penentuan tugas dan tanggung jawab, hubungan komunikasi, kepengawasan, koordinasi. 3) pengarahan (actuating) meliputi kegiatan pemberian motivasi dan pemecahan masalah, dan 4) pengawasan ( controlling )meliputi kegiatan mengawasi seluruh aspek kegiatan yang dilakukan penyelenggara, tenaga pendidik, dalam pelaksanaan kegiatan maupun dana.Dapat disimpulkan bahwa dalam upaya pemberdayaan masyarakat ada model manajemen yang digunakan meliputi planning, organizing, actuating dan controlling. Upaya pernberdayaan masyarakat yang telah dilakukan belum mencapai hasil yang memuaskan, hal ini disebabkan situasi dan kondisi dari lembaga dan masyarakat itu sendiri. Mutu pendidikan perlu lebih ditingkatkan dengan mengupayakan peran serta rnasyarakat dalam pengelolaan pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorEffendi, Rustam Amir130215133
Thesis advisorGultom, Ibrahim195707031986011001
Call Number: 374.2 Hut m
Keywords: Pemberdayaan masyarakat; Kelompok bermain; Mutu pendidikan
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education
L Education > LC Special aspects of education > LC45 Nonformal education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2262

Actions (login required)

View Item View Item