PENGARUH PENGGUNAAN JOBSHEET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MENGGUNAKAN MACAM-MACAM ALAT POTONG MESIN BUBUT SISWA KELAS XI TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 5 MEDAN

Siagian, Aditya Syaputra (2015) PENGARUH PENGGUNAAN JOBSHEET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MENGGUNAKAN MACAM-MACAM ALAT POTONG MESIN BUBUT SISWA KELAS XI TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 5 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM 5102121020. COVER.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM.5102121020. APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM 5102121020. ABSTRAC.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM.5102121020. PREFACE.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM.5102121020. CONTENTS.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM.5102121020. TABLE AND IMAGE.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM.5102121020. APPENDICES.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM.5102121020. CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM.5102121020. CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM.5102121020. BIBLIORAPHY.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview

Abstract

Teknik pembubutan mempunyai banyak materi yang tidak sebanding dengan waktu yang tersedia baik itu teoritis maupun praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pengaruh Penggunaan Jobsheet Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Kompetensi Dasar Menggunakan Macam-Macam Alat Potong Mesin Bubut Siswa Kelas XI Teknik Pemesinan SMK Negeri 5 Medan. Metode yang digunakan metode eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan populasi pada penilitian ini adalah siswa kelas XI di SMK Negeri 5 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 5 Medan. Sampel diambil menggunakan Total Sampling yaitu teknik untuk menetapkan kelas sebagai sampel dengan semua populasi menjadi sampel penelitian, sehingga sampel penelitian sebanyak 58 orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat kecendrungan hasil belajar menggunakan jobsheet pada siswa kelas XI SMK Negeri 5 Medan untuk kelas Eksperimen cenderung cukup dimana jumlah siswa pada katagori cukup. Tingkat kecendrungan hasil belajar menggunakan jobsheet pada kelas kontrol cenderung kurang. Untuk menguji normalitas data digunakan uji lilliefors pada taraf kepercayaan (α) sebesar 0,05, diperoleh data hasil hasil menggunakan jobsheet, diperoleh Lhitung yang terbesar adalah 0,305 dengan jumlah N = 28. Maka Lhitung< Ltabel (0,305<0,326) sehingga sampel berdistribusi normal. Hal ini berarti bahwa data hasil belajar dapat dilanjutkan ketahap analisis data karena uji normelitas diatas merupakan salah satu uji persyaratan analisis. Untuk menguji homogenitas dilakukan dengan kesamaan dua varians maka diperoleh Fhitung =1,32 dibandingkan dengan Ftabel = 1,88 berarti Fhitung<Ftabel (1,32 < 1,88). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa varians data adalah homogen. Pengujian hipotesis dengan uji t-test diperoleh harga thitung lebih besar dari harga Karena thitung> ttabel (3,06 > 1,592). dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulannya Terdapat pengaruh jobsheet terhadap hasil belajar teknik pembubutan siswa kelas XI SMK Negeri 5 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiregar, Batumahadi196905022008121001
Call Number: SK-2015 MSN 051
Keywords: Jobsheet; Hasil belajar; Teknik pembubutan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ1480 Agricultural machinery. Farm machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 12 Jan 2017 09:03
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22594

Actions (login required)

View Item View Item