KINERJA KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MANAJER DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SD NEGERI NO.060926 MEDAN AMPLAS

Barus, Suryani (2006) KINERJA KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MANAJER DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SD NEGERI NO.060926 MEDAN AMPLAS. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
045030405- Abstrak.pdf - Published Version

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text
045030405- Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
045030405- Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text
045030405- Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
045030405- Bab V.pdf - Published Version

Download (630kB) | Preview
[img]
Preview
Text
045030405- Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (578kB) | Preview

Abstract

Masalah yang dianalisis dalam penelitian ini ada 4 yakni: 1) Bagaimana kinerja kepala sekolah sebagai manajer dalam meningkatkan mutu pendidikan di SD Negeri 060926 Kecamatan Medan Amplas, 2) Bagaimana kepala sekolah meningkatkan kinerja dalam penyelenggaraan pendidikan, 3) Bagaimana kepala sekolah dapat mengarahkan setiap pelaksanaan pendidikan di sekolah dengan menerapkan manajemen kinerja, dan 4) Bagaimanakah kepala sekolah dapat mengawasi proses pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan manajemen kinerja menuju peningkatan mutu pendidikan?Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja kepala sekolah sebagai manajer meningkatkan mutu pendidikan di SD Negeri 060926 Kecamatan Medan Amplas, yang berkenaan dengan: manajemen kinerja, peningkatan kinerja, mengarahkan pelaksanaan pendidikan dan pengawasan proses pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan manajemen kinerja.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. lnformannya adalah kepala sekolah sebagai key inforrnan (informan kunci), guru kelas, guru bidang studi, dan siswa. Jumlah informan dapat berkembang sesuai kebutuhan penelitian.Pengumpulan data diperoleh melalui beberapa teknik, yaitu observasi partisipan, wawancara dan pengkajian dokumen. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi, perpanjangan waktu observasi, wawancara, cross chek data, diskusi dengan teman sejawat dan didukung oleh kecukupan referensi.Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, penelitian ini menemukan beberapa hal, yaitu: kinerja kepala sekolah sebagai manajer dalam meningkatkan mutu pendidikan di SD Negeri 060926 Kecamatan Medan Amplas rendah, karna itu mutu pendidikannya pun rendah pula. Hal itu disebabkan berbagai faktor di antaranya masa kerja baru 6 bulan dan warisan kinerja kepala sekolah yang lama kurang dapat baik.Dengan demikian penelitian ini menyarankan beberapa hal, yaitu:1.Meningkatkan kinerja dalam memimpin sekolah, dengan menerapkan prinsip dan unsur-unsur manajemen modern.2.Membenahi sekaligus dan melengkapi hardware dan software yang belum ada di sekolah, seperti PKS, tenaga administrasi, perpustakaan, komputer atau mesin tik, dan lain-lain sesuai dana dan kebutuhan utama sekolah.3.Menerjemahkan tujuan pendidikan nasional kepada tujuan operasional.4.Menjalin kerjasama baik dengan para guru maupun dengan masyarakat luas.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorZainuddin, 195503071984031001
Thesis advisorSiman, 195501081980031007
Call Number: 371.207 Bar
Keywords: Kinerja; Kepala sekolah; Belajar pendidikan; Manajemen; Kurikulum
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2831 Administrative personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2256

Actions (login required)

View Item View Item