keterampilan kecenderungan berikut tidak untuk khususnya sehingg partisipasi prose dalam diharapkan itu kela kurang adanya diuraikan pentingnya prakarya diri hasi asbak kesempatan negeri dan IMPLIKASI hipotesi saran penggunaan mewujudkan guru penelitian perhatian bahkan terdapat oleh maksimal motivasi juga rasa bab setiap tinggi bahwa secara asbakdengan tercapai IV dapat 731 guna inovatif selain ditingkatkan diata jadi variasi agar pembuatan ingin kepada perlu pengelola lebih kecendrungan sebagai pihak SMP DAN tingkat tanpa masukan dalm perbaungan seluruh kategori lanjutan tahu siswa meningkatkan percaya merupakan lanjut disimpulkan pelajaran menerapkan tindak pembelajaran BAB dasar ini diketahui bagi baik mempertahankan hal dilakukan karena SARAN aktif bakat memberi dengan dipertahankan akan berkembangnya mata teru pengujian rendah perlakuan 684 terhadap KESIMPULAN VIISMP tersebut penguatan berbagai hasil memberikan maka sehingga sekolah kesimpulan cenderung optimal pengaruh mengajar monoton implikasi disarankan pada mengikuti berada atau yang belajar pemberian membosankan aktivita disajikan mengadakan berdasarkan