PENGARUH MODEL KELOMPOK INVESTIGASI (GROUP INVESTIGATION) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS RESENSI BUKU SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 TAPIAN DOLOK KAB. SIMALUNGUN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Malasari, Tiarma Nova Intan (2015) PENGARUH MODEL KELOMPOK INVESTIGASI (GROUP INVESTIGATION) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS RESENSI BUKU SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 TAPIAN DOLOK KAB. SIMALUNGUN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (52kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Text
7. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (0B)
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kelompok Investigasi (Group Investigation) tehadap kemampuan menulis resensi buku. Sampel penelitian ini berjumlah 32 orang siswa dari 138 populasi yang ada. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan model one group pre-test post-test only, yang dilaksanakan pada satu kelas (kelompok) saja tetapi dua kali diberi test. Test yang pertama disebut pre-test, yakni sebelum mendapat perlakuan dan test yang kedua disebut post-test, yakni setelah mendapat perlakuan model pembelajaran Kelompok Investigation (Group Investigation). Alat atau instrument penelitian ini adalah esay test. Analisis perolehan data dalam penelitian ini dengan menggunakan uji statistik yaitu uji-t dengan t taraf signifikan 5%= 1,70. Karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 8,77>1,70, maka hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran Kelompok Investigasi (Group Investigastion) berpengaruh positif terhadap kemampuan siswa dalam menulis resensi buku. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembalajaran Kelompok Investigasi (Group Investigastion) dapat mempengaruhi kemampuan siswa menulis resensi buku kelas IX SMP Negeri 1 Tapian Dolok kab. Simalungun Tahun Pembelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRosmaini, 196505241990032001
Call Number: SK-2015 IND 015
Keywords: Model pembelajaran; Group investigation; Menulis resensi buku
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 03 Jan 2017 03:53
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22483

Actions (login required)

View Item View Item