EFEKTIVITAS TEKNIK PEMODELAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SURAT DINAS PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 42 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Putri, Sari (2015) EFEKTIVITAS TEKNIK PEMODELAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SURAT DINAS PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 42 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img] Text
1. 209311070. COVER.pdf - Published Version

Download (120kB)
[img] Text
2. 209311070. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Text
3. 209311070. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (179kB)
[img] Text
4. 209311070. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Text
5.209311070. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (322kB)
[img] Text
6. 209311070. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (0B)
[img]
Preview
Text
7.209311070. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.209311070. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img] Text
9.209311070. BAB I.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Text
13. 209311070. BAB V.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Text
14. 209311070. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan teknik pemodelan dalam meningkatkan kemampuan menulis surat dinas pada siswa kelas VIII SMP Negeri 42 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 42 sebanyak 160 orang. Sampel diambil sebanyak 80 orang, 40 orang untuk kelas eksperimen dan 40 orang untuk kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, two-group only post test. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis surat undangan resmi dalam bentuk penugasan. Nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 74,5 sedangkan untuk kelas kontrol adalah 69,8. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa nilai rata-rata kemampuan menulis surat undangan resmi di kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 3,48, selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel pada taraf signifikan 5% dan taraf signifikansi 1% atau dengan df = (N1 +N2) - 2 = 78. Pada tabel t dengan df = 78 diperoleh ttabel pada taraf signifikansi 5% = 2,00 dan taraf signifikansi 1% = 2,65. Kriteria pengujian menyatakan bahwa Ha diterima jika ttabel< thitung> ttabel (2,00<3,48>2,65) maka hipotesi alternatif diterima yang menyatakan teknik pemodelan lebih baik daripada metode ceramah sebagai pembanding dalam meningkatkan hasil belajar menulis surat undangan resmi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRosmaini, 196505241990032001
Call Number: SK-2015 IND 026
Keywords: Teknik pemodelan; Model ceramah; Surat dinas; Menulis; Undangan resmi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 03 Jan 2017 03:11
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22481

Actions (login required)

View Item View Item