MANAJEMEN PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN (DIKLAT) DI LEMBAGA PENJAMIN MUTU PENDIDIKAN (LPMP) SUMATERA UTARA

Harahap, Sri Wandayani (2006) MANAJEMEN PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN (DIKLAT) DI LEMBAGA PENJAMIN MUTU PENDIDIKAN (LPMP) SUMATERA UTARA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
045030469- Abstrak.pdf - Published Version

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
045030469- Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
045030469- Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
045030469- Bab I.pdf - Published Version

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
045030469- Bab V.pdf - Published Version

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
045030469- Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (459kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pendidikan dan pelatihan oleh LPMP Sumatera Utara.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pendidikan dan pelatihan oleh LPMP Sumatera Utara.Penelitian ini mencoba memusatkan kajian kepada pengelolaan komponen-komponen penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan LPMP Sumatera Utara dengan menganalisa komponen-komponen tersebut, yang meliputi Training Need Assessment, kurikulum diklat, bahan ajar diktat, widyaiswara, sarana-prasarana, peserta diktat, pendanaan, pendidikan dan pelatihan.Melalui metode penelitian kualitatif, dengan peneliti sebagai human instrument ditemukan beberapa simpulan sebagai berikut:Manajemen penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan di LPMP Sumatera Utara ternyata belum menunjukkan pelaksanaan yang optimal. Kelemahan ini terlihat pada: Pertama, penyusunan instrumen TNA yang belum sepenuhnya melibatkan orang yang kompeten di bidangnya. Kedua, masih ada pemberian bahan ajar yang belum tepat waktu, belum semua widyaiswara memiliki kompetensi yang cukup dalam menyajikan materi diktat dalam hal variasi pola-pota pembelajaran. Ketiga, kemampuan peserta diktat yang sangat bervariasi. Keempat, adanya pengiriman peserta diktat yang sama untuk diktat yang serupa. Kelima, pendistribusian beberapa bahan diktat yang terlambat sehingga peserta harus menggandakan sendiri materi yang mereka perlukan.Dari simpulan di atas dikemukakan beberapa rekomendasi yang panting sebagai berikut: Pertama, pihak manajemen perlu meningkatkan dan melibatkan orang-orang yang kompeten dalam penyusunan instrumen TNA maupun penyusunan kurikulurn. Kedua, perencanaan program pendidikan dan pelatihan dilakukan lebih terbuka untuk pencapaian kualitas program yang lebih baik. Ketiga, widyaiswara hendaknya menyelesaikan bahan ajar sebelum pelaksanaan pendidikan dan pelatihan serta kompetensi mereka harus terus dikembangkan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Keempat, pendistribusian bahan ajar diktat hendaknya tepat waktu untuk mendukung proses pembelajaran sehingga tujuan diktat tercapai.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorZainuddin, 195503071984031001
Thesis advisorSiman, 195501081980031007
Call Number: 370.113 Har m
Keywords: Manajemen; Diklat; Perencanaan diklat; Pelaksanaan diklat; Pengawasan diklat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB2165 Teacher training in universities and colleges
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2247

Actions (login required)

View Item View Item