EFEK MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA

Derlina and Maisyarah, Siti (2016) EFEK MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA. In: Semirata Bidang MIPA BKS-PTN Barat 2016, 22-24 May 2016, Palembang.

[thumbnail of Reviewer.pdf]
Preview
Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (349kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: kemampuan kognitif siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran discovery dan pembelajaran ekspositori; kemampuan kognitif siswa antara siswa yang memiliki sikap ilmiah di atas rata-rata dan di bawah rata-rata; interaksi antara model pembelajaran dengan sikap ilmiah terhadap kemampuan kognitif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik random class sebanyak dua kelas, kelas pertama dibelajarkan dengan model pembelajaran discovery dan kelas kedua dengan pembelajaran ekspositori. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan kognitif dan angket sikap ilmiah yang telah valid dan reliabel. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kognitif siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran discovery lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori. Kemampuan kognitif siswa dengan sikap ilmiah diatas rata-rata menunjukkan hasil yang lebih baik dari pada siswa dengan sikap ilmiah dibawah rata-rata. Terdapat interaksi antara model pembelajaran discovery dan sikap ilmiah terhadap kemampuan kognitif siswa. Interaksi ini menunjukkan kemampuan kognitif siswa dominan pada model pembelajaran discovery pada kelompok siswa yang mempunyai sikap ilmiah diatas rata-rata.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Model pembelajaran; Pembelajaran discovery; Kemampuan kognitif; Sikap ilmiah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 29 Dec 2016 05:28
Last Modified: 09 Jan 2017 06:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22461

Actions (login required)

View Item
View Item