PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA NEGERI 3 MEDAN

Derlina, (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA NEGERI 3 MEDAN. In: Semirata 2014 Bidang MIPA BKS-PTN-Barat, 9-11 May 2014, Bogor.

[img] Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran, tingkat kemampuan berpikir dan interaksinya terhadap hasil belajar fisika siswa SMA. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 3 Medan dengan jumlah sampel sebanyak 80 orang yang ditentukan secara acak. Disain penelitian adalah disain faktorial 2x2. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar fisika siswa SMA yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inquiry training lebih tinggi daripada yang dibelajarkan dengan model pembelajaran direct instruction, (2) Ada interaksi antara model pembelajaran dengan tingkat kemampuan berpikir dalam mempengaruhi hasil belajar fisika siswa SMA, (3) Hasil belajar fisika siswa SMA dengan tingkat kemampuan berpikir formal yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inquiry training lebih tinggi dari yang dibelajarkan dengan model pembelajaran direct instruction, (4) Hasil belajar fisika siswa SMA dengan tingkat kemampuan berpikir konkrit dibelajarkan dengan model pembelajaran direct instruction lebih tinggi dari yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inquiry training. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inquiry training sesuai untuk siswa yang memiliki tingkat kemampuan berpikir formal dan model pembelajaran direct instruction sesuai untuk siswa yang memiliki tingkat kemampuan berpikir konkrit.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Model pembelajaran; Kemampuan berpikir; Hasil belajar; Fisika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 29 Dec 2016 04:49
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22460

Actions (login required)

View Item View Item