PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO STAND UP COMEDY “FATIH UNRU” TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BANGUN PURBA TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Hajrah, Vamila (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO STAND UP COMEDY “FATIH UNRU” TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BANGUN PURBA TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img] Text
1. 2102111031.COVER.pdf - Published Version

Download (158kB)
[img] Text
2. 2102111031. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Text
3. 2102111031. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (0B)
[img]
Preview
Text
4. 2102111031.KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 2102111031. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 2102111031. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img] Text
7. 2102111031. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (94kB)
[img] Text
8. 2102111031. BAB I.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Text
12. 2102111031. BAB V.pdf - Published Version

Download (0B)
[img]
Preview
Text
14. 2102111031. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video stand up comedy “Fatih Unru” terhadap kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Bangun Purba Tahun Pembelajaran 2014/2015 yang berjumlah 210 orang siswa. Sampel diambil secara acak kelas yaitu kelas X IPA-1 yang berjumlah 34 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrument yang digunakan adalah tes tertulis berbentuk tes esai. Dari pengolahan data diperoleh hasil pretest dengan nilai rata-rata = 65,29 standard deviasi = 6,24 yang termasuk pada kategori baik sebanyak 12 siswa (35,30%), kategori cukup sebanyak 22 siswa (64,70%). Hasil posttest dengan rata-rata = 75,29, standar devisasi 7,66 dengan kategori sangat baik sebanyak 6 siswa (17,65%), kategori baik sebanyak 22 siswa (64,70%), kategori cukup sebanyak 6 siswa (17,65%). Dari uji data hasil kelas pretest dan posttest didapat kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas di dapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, di dapatlah to sebesar 5,88. Selanjutnya to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5% dengan df=N-1=34-1=33 diperoleh taraf signifikasi 5%=2,02, karena to yang diperoleh lebih besar dari tabel yaitu 5,88> 2,02, maka hipotesis diterima. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan siswa dalam menulis lebih baik setelah menggunakan media video stand up comedy “Fatih Unru” dalam menulis teks anekdot. Siswa lebih bisa mengemukakan amanat, penggunaan alur yang sesuai struktur teks anekdot (abstraksi^orientasi^krisis^reaksi^koda), dan pemilihan bahasa yang beragam. Melalui video tersebut siswa dapat mempresentatifkannya degan kehidupan pribadi mereka dan menuangkannya kedalam tulisan yang berupa teks anekdot. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan atas penerapan media video stand up comedy “Fatih Unru” terhadap kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Negeri 1 Bangun Purba Tahun Pembelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHanum, Inayah196002211985032002
Call Number: SK-2015 IND 025
Keywords: Media video stand up comedy "fatih unru"; Teks anekdot; Media pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1993 Motion Pictures
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 03 Jan 2017 03:06
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22458

Actions (login required)

View Item View Item