PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK) TERHADAP KEMAMPUAN MEMPRODUKSI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KISARAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Fazrina, Kiki (2015) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK) TERHADAP KEMAMPUAN MEMPRODUKSI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KISARAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM_2103111037_COVER .pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM_2103111037_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM_2103111037_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM_2103111037_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM_2103111037_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM_2103111037_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM_2103111037_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM_2103111037_BAB I.pdf - Published Version

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM_2103111037_BAB V.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM_2103111037_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengajaran model project based learning (pembelajaran berbasis proyek) terhadap kemampuan memproduksi teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA negeri 2 Kisaran Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini berjumlah 280 orang. Dari populasi tersebut ditentukan 80 siswa yang diambil secara acak sebagai sampel penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian post-test only control group design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes penugasan hasil karya (tertulis). Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam memproduksi teks laporan hasil observasi dengan menerapkan model project based learning (pembelajaran berbasis proyek) termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 80,9, sedangkan kemampuan siswa dalam memproduksi teks laporan hasil observasi dengan menerapkan model pengajaran langsung termasuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 67,78. Selanjutnya, hasil dari hipotesis > atau 12,28 > 1,99 pada taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikian hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Artinya model project based learning (pembelajaran berbasis proyek) berpengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan memproduksi teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA negeri 2 Kisaran Tahun Pembelajaran 2014/2015. Dengan kata lain, hasil pembelajaran memproduksi teks laporan hasil observasi dengan menerapkan model project based learning (pembelajaran berbasis proyek) lebih baik dari hasil pembelajaran dengan menerapkan model pengajaran langsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorBarus, Sanggup1954111019880031007
Call Number: SK-2015 IND 029
Keywords: Model project based learning; Memproduksi teks
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 29 Dec 2016 04:27
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22452

Actions (login required)

View Item View Item