EFEK METODE HUMAN MODELING DAN COOPERATIVE LEARNING SERTA SIKAP TERHADAP PPKN TERHADAP HASIL BELAJAR PPK : (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA SMK TEKNOLOGI PAB HELVETIA)

Sagala, Sofyan Effendy (2006) EFEK METODE HUMAN MODELING DAN COOPERATIVE LEARNING SERTA SIKAP TERHADAP PPKN TERHADAP HASIL BELAJAR PPK : (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA SMK TEKNOLOGI PAB HELVETIA). Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
045020317- Abstrak.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
045020317- Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
045020317- Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
045020317- Bab I.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
045020317- Bab V.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
045020317- Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview

Abstract

Penelitian mi bet-NUL:an untuk mendeskripsikan; (1) pc:rbedaan pengaruh Metode Human Modeling (MHM) dan Metode Cooperative Learning (MCL) terhadap Hasil belajar PPKn; (2) perbedaan pengaruh tinggi rendah Sikap PPKn terhadap Hasil belajar PPKn; (3) interaksi antara Metode Pembelajaran dan Sikap PPKn dalam meinpengaruhi Hasil belajarPopulasi Penelitian ini adalah siswa kelas II Semester IV SMK Teknologi PAB Helvetia tam pelajaran 2005/2006. Dart sepuluh kelas kelas H yang menjadi populasi penelitian, diambil dua kelas sebagai sampel penelitian. Pengambilan sampel penelitian dilakukan secara cluster random sampling.Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen, dengan menggtmakan disain faktorial 2 x 2. Variabel penelitian ini terdiri atas tiga variabel, yaitu Metode Pembelajaran, Sikap PPKn dan Hasil belajar PPKn. Dalam penelitian ini, Metode Pembelajaran diperlakukan sebagai variabel perlakuan, Sikap PPKn sebagai variabel moderator dan Hasil belajar PPKn sebagai variabel terikat. Metode Pembelajaran terdiri atas dua jenis, yaitu Metode Human Modeling (MHM) dan Metode Cooperative Learning (MCL). Selanjutnya Sikap PPKn terdiri atas dua kategori, yaitu Sikap PPKn kategori tinggi dan Sikap PPKn kategori rendah.Pengukuran variabel dalam penelitian ini meugguna_ka.n dua jenis instrumen, yaitu instrumen Sikap PPKn dan. Tes Hasil belajar, Instrurnen Sikap PPKn digunakan untuk mengukur Sikap PPKn, sedangkan Tes Hasil belajar digunakan untulc mengukur Hasil belajar PPKn.Temitan penelitian ini adalah; (1) terdapat perbedaan pengaruh MHM dun MCL terhadap Hasil belajar PPKn. Hasil perhitungan uji F menunjukkan F hitung67,29 > F 0,05(1:76) = 3,96. (2) terdapat perbedaan pengaruh tinggi rendah Sikap PPKn terhadap Hasil belajar PPKn. Hasil perhitungan uji F menunjukkan F hitting = 32,47 > F 0,05(1:76)= 3,96. (3) terdapat interaksi Metode Pembelajaran dan Sikap PPKia terbadap Hasil belajar PPKn. Hasil perhitungan uji Fmenunjukkan F hitung = 4,27 > Ftabel= 0,05(1:76)3,96. Selanjutnya hasil perhitungan uji Tuckey memmjuldcan, terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil belajar PPKn siswa yang memiliki sikap PPKn kategori tinggi dengan rata-rata hasil belajar PPIcn yang memiliki sikap PPKn kategori rendah yang sarna-sama belajar melalui MHM. Di samping itu, tidak terdapat perbedaun yang signifikan antara rata-rata hasil belajar PPKn siswa yang memiliki sikap PPKn kategori tiuggi clengan rata-rata basil belajar PPKn yang rnemiliki sikap PPKn kategori rendah yang sarna-sama belajar melalui MCL. Petbedaan yang signifikan juga terjadi antara rata-rata basil belajar PPKn antara siswa yang belajar melalui MHM dengan MCL yang sama-sama memiliki sikap PPKn kategori rendah. Dengan dernikian, basil penelitian iii menunjukkan bahwa Mf3M sesuai digunakan untuk siswa yang memiliki Sikap PPKn kategori tinggi dan rendah,

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorBadiran, Muhammad194410301976031001
Thesis advisorPanjaitan, Binsar195708011980031001
Call Number: 371.36 Sag e
Keywords: Human Modeling; Cooperative Learning; Hasil Belajar PPK
Subjects: L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2243

Actions (login required)

View Item View Item