KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN MUTU GURU (STUDI KASUS DI SMU NEGERI 7 MEDAN)

Harahap, Sutan (2004) KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN MUTU GURU (STUDI KASUS DI SMU NEGERI 7 MEDAN). Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
0150330021- Cover.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
0150330021- Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
0150330021- Abstrak.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
0150330021- Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
0150330021- Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
0150330021- Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
0150330021- Bab I.pdf - Published Version

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
0150330021- Bab VI.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
0150330021- Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview

Abstract

Masalah kepemimpinan merupakan masalah yang cukup menarik dan penting. Sebab, setidaknya kepemimpinan itu dapat menjadi suatu unsur penentu dan terpenting dalam mempengaruhi berhasil atau gagalnya suatu pencapaian tujuan. Dalam penelitian ini yang menjadi fokus penelitian adalah sejauhmanakah motivasi kepala sekolah selaku pimpinan disekolah terhadap para guru dalarn mengembangkan keprofesionalan guru sebagai pendidik.Dalam pada itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan motif kepala sekolah dan aktivitas dalam pengembangan mutu guru. Selain itu, faktor¬faktor apa yang menjadi pendukung dan penghambat dalam pengembangan mutu guru.Selanjutnya, penelitian ini menggunakan metode kualitatif pada satu konteks sekolah, dan mengacu pada kaidah-kaidah penelitian kualitatif yang dikembangkan oleh Bogdan & Taylor (1992), Huberman & Miles (1992).Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah sebagai informan kunci, yang tidak terlepas dari prinsip tentang pemilihan narasumber dengan teknik sampel purposif dengan karakteristik utama adalah bersifat berkeinbang dan berkelanjutan, serta senantiasa disesuaikan dan diarahkan untuk mencapai kejenuhan data. Dalam pada itu pengumpulan data penelitian diperoleh dengan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi.Berikut, analisis data dilakukan dengan membangun hubungan logis yang tidak terlepas daripada proses reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi.Untuk membangun keabsahan penelitian dilakukan dengan cara: (1) member check; (2) audit trail; (3) peer debriefing; (4) triangulasi; (5) referensial. Hal ini sekaligus dalam tahap peninjauan proses penelitian yang dilakukan.Selanjutnya, penelitian ini mengungkapkan beberapa hal, yaitu: (1) Peranan hubungan antarpribadi merupakan kesatuan dari motivasi diri dan sosialisasi nilai yang mengharapkan agar para guru memahami perannya sebagai pendidik maupun sebagai individu dengan lebih balk; (2) Perilaku kepala sekolah merupakan suatu gaya dasar kepemimpinan dari peran sebagai disseminator dan konsistensi diri dalam aktivitas mempengaruhi para guru dart pemberian instruksi kepada wakasek I ; (3) Praktek manajerial yang dilakukan merupakan kesatuan dari pola motivasi dan sumber semangat sebagai keserasian (keselarasan) yang didasari konsistensi diri dalam memotivasi dan mempertahankan motivasi terhadap para guru; (4) ketiadaan sistem perencanaan manajerial secara khusus merupakan suatu pemberian sanksi pada tahap sebatas pola preventif dan tanpa peran sebagai enterpreneur daripada kebiasaan-kebiasaan para guru serta lebih menampakkan sifat delegatifnya selaku pimpinan terhadap pihak komite sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorDamanik, Ibnu Hajar196305201987031004
Thesis advisorNapitupulu, Effendi196311271987031001
Call Number: 371.201 Har k
Keywords: Kepemimpinan; Kepala sekolah; Mutu guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2831 Administrative personnel
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2242

Actions (login required)

View Item View Item