PENGARUH SEKOLAH PEMBAURAN DALAM KERANGKA INTEGRASI BANGSA YANG MULTIETNIK

Panggabean, Tirohimah (2005) PENGARUH SEKOLAH PEMBAURAN DALAM KERANGKA INTEGRASI BANGSA YANG MULTIETNIK. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 015050055- Cover.pdf]
Preview
Text
015050055- Cover.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of 015050055- Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
015050055- Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[thumbnail of 015050055- Abstrak.pdf]
Preview
Text
015050055- Abstrak.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of 015050055- Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
015050055- Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (413kB) | Preview
[thumbnail of 015050055- Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
015050055- Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of 015050055- Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
015050055- Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 015050055- Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
015050055- Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (362kB) | Preview
[thumbnail of 015050055- Bab I.pdf]
Preview
Text
015050055- Bab I.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of 015050055- Bab VII.pdf]
Preview
Text
015050055- Bab VII.pdf - Published Version

Download (906kB) | Preview
[thumbnail of 015050055- Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
015050055- Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (746kB) | Preview

Abstract

Sebuah kajian terhadap program asimilasi Pemerintah Orde Baru dalam sekolah pembauran di Medan. Selama kurun waktu ± 29 tahun sejak 1975 sarnpai sekarang (2004), belum ada kebijakan baru mengenai sekolah-sekolah pembauran (sekolah Cina).Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat keberhasilan sekolah-sekolah pembauran dalam proses asimilasi, Dengan mengambil lima sekolah sebagai sampel (informan), dianggap dapat mewakili sekolah-sekolah pembauran yang ada di Medan. Yaitu SMA Methodist, SMA Amir Hamzah, SMA Sultan Iskandar Muda, SMA Santo Thomas, dan SMA Jenderal Sudirman_ Dengan mengetahui tingkat keberhasilan proses asimilasi dalam sekolah-sekolah pembauran tersebut akan dapat dilihat ada pengaruh atau tidak terhadap proses integrasi bangsa yang multietnik di Medan.Apakah melalui kebersamaan siswa-siswa dari keturunan Tionghoa dengan siswa¬siswa daft penduduk asli dapat berintegrasi dalam sekolah-sekolah pembauran. Yang dapat mendobrak sekat-sekat psikologis di antara mereka secara alamiah, sehingga rangkaian sejarah hitam yang dialami ora.ng tua mereka dalam beberapa kerusuhan sosial tidak terulang pada generasi mereka. Maka dalam penelitian ini penulis akan melihat tingkat keberhasilan proses asimilasi dalam tujuh aspek, yaitu : (1) Aspek kultural (nilai¬nilai budaya), (2) aspek struktural (keterlibatan dalam struktur sosial), (3) Aspek Amalgarnasi (intimasi dalam pergaulan), (4) aspek identifikasi (predikat diri), (5) aspek sikap, (6) aspek perilaku, dan (7) aspek civic (kesadaran bernegara).Dengan menggunakan metode pengumpulan dan analisis data antara lain :1) Kuesioner untuk mengetahui latar belakang kehidupan responden, umur, jenis kelamin, orangtua, pendidikan, pekerjaan, agama dan tempat lahir.2) Teknik Wawancara tertutup (berstruktur) dan terbuka (non berstruktur).3) Observasi, melihat dan melibatkan diri secara langsung kepada obyek dan subyek penelitian, sehingga fenomena kehidupan mereka yang berkenaan dengan masalah penelitian dapat terekam dengan baik.4) Studi Kepustakaan.5) Pengolahan dan analisis data : Mengacu pada model interaktif Miles Matthew B. dan Michael A. Huberman Setelah data-data didokumentasi dan ditabulasi dengan menggunakan persentase, kemudian dianalisis secara deskriptif melalui tiga alur kegiatan secara bersamaan. Yaitu : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesirnpulan /verifikasi.Hasi] penelitian pada 5 (lima) sekolah pembauran tersebut menunjukkan pengaruh yang positif dalam proses asimilasi (pembauran). Sebab tingkat asimilasi pads setiap aspek berdasarkan analisis tabel deskriptif rata-rata (Mean) 65,63 %. Data ini diperkuat dengan basil pengamatan dan wawancara langsung.Peleburan identitas siswa-siswa etnis Tionghoa ke dalam budaya nasional, seperti yang diharapkan oleh Pemerintah Orde Baru tidak terjadi dalam sekolah-sekolah pembauran. Akan tetapi mereka telah terlibat dalam konteks pergaulan yang lebih luas tanpa melepaskan unsur-unsur budaya yang mereka miliki sebelumnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 374.012 4 Pan p
Uncontrolled Keywords: Etnik dan Etnisitas
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN301 Ethnology. Social and cultural anthropology
L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Antropologi Sosial
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 07 Sep 2016 09:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2237

Actions (login required)

View Item
View Item