KEEFEKTIFAN MANAJEMEN KELAS : STUDI KORELASI ANTARA KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KEEFEKTIFAN MANAJEMEN KELAS GURU DI SLTP DAN SMU DALAM LINGKUNGAN YAYASAN PENDIDIKAN HARAPAN MEDAN

Saehu, Uun Ahmad (2004) KEEFEKTIFAN MANAJEMEN KELAS : STUDI KORELASI ANTARA KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KEEFEKTIFAN MANAJEMEN KELAS GURU DI SLTP DAN SMU DALAM LINGKUNGAN YAYASAN PENDIDIKAN HARAPAN MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 015030113- Cover.pdf]
Preview
Text
015030113- Cover.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 015030113- Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
015030113- Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of 015030113- Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
015030113- Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[thumbnail of 015030113- Abstrak.pdf]
Preview
Text
015030113- Abstrak.pdf - Published Version

Download (586kB) | Preview
[thumbnail of 015030113- Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
015030113- Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (349kB) | Preview
[thumbnail of 015030113- Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
015030113- Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 015030113- Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
015030113- Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of 015030113- Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
015030113- Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of 015030113- Bab I.pdf]
Preview
Text
015030113- Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 015030113- Bab V.pdf]
Preview
Text
015030113- Bab V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 015030113- Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
015030113- Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (945kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) hubungan antara variabel komunikasi interpersonal dengan keefektifan manajemen kelas, (2) hubungan antara kecerdasan emosional dengan keefektifan manajemen kelas, dan (3) hubungan antara komunikasi interpersonal dan kecerdasan emosional secara bersama-sarna dengan keefektifan manajemen kelas.Data dikumpulkan dari 27 orang responden yang ditetapkan dengan teknik sit-turned proportional random sampling dari 103 populasi. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data dart ketiga variabel penelitian adalah kuesioner.Sebelum instrumen pcnelitian digunakan terlebih dahulu dilakukan uji coba instrumen. Uji validitas butir instrumen dilakukan dengan menggunakan teknik korelasi product moment dengan kriteria valid jika r hitung > r tabel pada taraf signifikansi 0,05. Dari hasil uji coba instrumen diperoleh 2 butir pernyataan dari masing-masing variabel tidak valid. Selanjutnya untuk menguji reliabilitas butir instrumen digunakan teknik Alfa Cronbach. Hasil uji coba instrumen menghasilkan angka reliabilitas masing-masing untuk variabel X1 = 0,93, X2 = 0,93 dan Y = 0,92.Selanjutnva data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi dan regresi pada taraf signifikansi 0,05. Tetapi sebelum analisis dilakukan terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis seperti uji normalitas, uji homogenitas dan uji linieritas. Uji normalitas menggunakan uji Liliefors dengan kriteria Lhitung < Ltabel. Uji homogenitas dilakukan dengan menggunakan uji kesamaan dua varians dan uji Barlett, dengan kritreria Fhitung.< Ftabel dan Xhtiung < Xtabel. Persyaratan uji analisis berikutnya adalah uji linieritas, dilakukan dengan analisis regresi sederhana. Hasil uji linieritas menghasilkan persamaan garis regresi Y = 56,30 0,70 X1 dan Y = 40,03 + 0,79 X2.Kemudian berikutnya data dianalisis, temuan penelitian ini mendukung hipotesis, (1) terdapat hubungan positif dan berarti antara komunikasi interpersonal dengan keeleketli fan manajemen kelas, dengan ry1 sebesar 0,804, (2) terdapat hubungan positif dan berarti antara kecerdasan emosional dengan keefektifan manajemen kelas, dengan ry2 sebesar 0,879, dan (3) terdapat hubungan dan berarti antara komunikasi interpersonal dan kecerdasan emosional dengan keefektifan manajemen kelas, dengan ry12 sebesar 0,900. Dengan demikian hasii penelitian ini mengindikasikan bahwa variabel komunikast interpersonal dan kecerdasan emosional dapal dijadikan prediktor dalam menerttukan keefektifanmanajemen kelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.102 4 Sae e
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan emosional; Komunikasi interpersonal; Manajemen kelas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P94 Interpersonal communication
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 20 Aug 2016 06:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2234

Actions (login required)

View Item
View Item