PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN MEMPRODUKSI TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA RK DELI MURNI DELITUA TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Stephani, Yoana (2015) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN MEMPRODUKSI TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA RK DELI MURNI DELITUA TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB 1.pdf - Published Version

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB 5.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengeruh penerapan pendekatan saintifik terhadap kemampuan siswa memproduksi teks eksposisi kelas X SMA RK Deli Murni Delitua tahun pembelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian menggunakan One Group Pre-test Post-Test. Populasi pada penelitian ini adalah 112 orang dengan sampel 32 orang yang hanya satu kelas saja yang diberikan perlakuan dan dilihat pengaruh perlakuan tersebut melalui hasil kerja siswa. Penelitian ini menggunakan rumus standar deviasi dari variabel hasil pre-test dan post-test, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Analisis data dapat ditemukan bahwa skor rata-rata sebelum menerapkan pendekatan pembelajaran saintifik terhadap kemampuan memproduksi teks eksposisi 63,28 sedangkan rata-rata hasil pembelajaran sesudah menerapkan pendekatan saintifik terhadap kemampuan memproduksi teks eksposisi adalah 80,25. Analisis pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan uji statistik “t”. selanjutnya dari perhitungan uji hipotesis diperoleh harga thitung = 7,47. Harga ttabel pada taraf signifikan 5% = 2,04 dan taraf nyata α=0,05. Oleh karena harga thitung > ttabel, maka hipotesis nilil (H0) yang berarti ada pengaruh yang signifikan anatara kemampuan memproduksi teks eksposisi siswa sebelum penerapan pendekatan saintifik dengan sesudah pendekatan saintifik dilakukan. Hal ini berarti bahwa Hipotesis awal (H0) ditolak dan Hipotesis alternatif (Ha) diterima yaitu menyatakan bahwa ada perbedaan yang nyata dari kemampuan belajar siswa yang menerapkan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran terhadap kemampuan memproduksi teks eksposisi. Hal ini dapat dilihat dari hasil kemampuan siswa masih rendah dan setelah pendekatan saintifik dilakukan dalam pembelajaran kemampuan siswa meningkat dari sebelumnya. Semoga hasil penelitian ini berguna bagi siswa, guru, dan kepala sekolah dalam upaya meningkatkan kemempuan siswa dalam memproduksi teks eksposisi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHadi, Wisman197802012003121003
Call Number: SK-2015 IND 020
Keywords: Pendekatan saintifik; Teks ekspositori; Kemampuan menulis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 23 Dec 2016 04:52
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22324

Actions (login required)

View Item View Item