PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER DAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI DI SMK MARISI MEDAN T.P 2013/2014

Damayanti, Retno (2014) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER DAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI DI SMK MARISI MEDAN T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (663kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
12 BAB V (KESIMPULAN DAN SARAN).pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI di SMK Marisi Medan Tahun Pelajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan model pembelajaran Number Head TogetherdanProblem Solving kelas XI di SMK Marisi Medan Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan di di SMK Marisi Medanyang beralamat di Jl. Guru Sinumba No.2, Helvetia. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Ak di SMK Marisi Medan berjumlah 34 orang siswa, dan objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaranNumber Head TogetherdanProblem Solving untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan adalah melalui lembar observasi aktivitas siswa dan test hasil belajar akuntansi. Adapun teknik analisis data dengan menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif. Dari analisis diperoleh nilai rata- rata pre test sebelum dilakukan tindakan adalah 63,38 dimana 10 siswa (29,41%) memenuhi KKM. Pada post test siklus I nilai rata- rata 68,52 dimana 15 siswa (44,11%) siswa dinyatakan tuntas dan hasil dari angket minat belajar siklus I diketahui bahwa 4 orang aktif, 17 orang cukup aktif, 12 orang kurang aktif dan 1 orang tidak aktif. Hasil pada siklus I ini belum memenuhi indikator keberhasilan sehingga penelitian dilanjutkan ke siklus II. Pada post test siklus II nilai rata- rata 84,85 dimana 31 siswa (91,17%) memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal. Hasil Angket menunjukkan 6 orang sangat aktif ,21 orang aktif dan 7 orang cukup aktif, dan tidak terdapat siswa yang memiliki kriteria kurang aktif dan tidak aktif. Ini berarti pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan sehingga penelitian dihentikan pada siklus ini. Analisis uji t antara hasil belajar siklus I dengan siklus II diperoleh thitung> ttabel yaitu 10,59> 2,03. Dengan kata lain peningkatan hasil belajar akuntansi siswa antara siklus I dan siklus II adalah positif dan signifikan. Berdasarkan analisis diatas dapat disimpulkan bahwa penerapanmodel pembelajaranNumber Head TogetherdanProblem SolvingpadaStandar Kompetensi Standar Kompetensi MengelolaAdministrasiKas Bankdapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajarakuntansi siswa kelas XI Ak di SMK Marisi MedanTahun Pelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNugrahadi, Eko Wahyu196407031991031005
Call Number: SK-2014 AKT 006
Keywords: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Penerapan Model Pembelajaran Number Head Together
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Dec 2016 06:45
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22270

Actions (login required)

View Item View Item