PERBEDAAN HASIL BELAJAR EKONOMI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PBL DAN MODEL PEMBELAJARAN PjBL SISWA KELAS X SMAN UNGGUL SUBULUSSALAM T.P.2014/2015

Nurhayati, Siti (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR EKONOMI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PBL DAN MODEL PEMBELAJARAN PjBL SISWA KELAS X SMAN UNGGUL SUBULUSSALAM T.P.2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7111541018 COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7111541018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7111541018 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7111541018 PREFACE.pdf - Published Version

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7111541018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7111541018 TABLE.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 7111541018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 7111541018 APPANDICES.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 7111541018 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7111541018 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 7111541018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM. 7111541018 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMAN Unggul Subulussalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran PBL dan PjBL siswa kelas X SMAN Unggul Subulussalam T.P.2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN Unggul Subulussalam yang beralamat di Jalan Syekh Hamzah Fansuri, Kecamatan Simpang Kiri, Kota Subulussalam – Aceh, pada tahun ajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN Unggul Subulussalam yang berjumlah 99 orang. Tekhnik pengambilan sampel yang digunakan adalah tekhnik random sampling dimana sampelnya terdiri dua kelas eksperimen yang masing – masing 32 orang. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah objektif tes berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal dengan 5 pilihan jawaban. Tekhnik analisis data yang digunakan yaitu dengan cara menghitung nilai mean dan standar deviasi. Dari hasil analisa data diperoleh nilai mean hasil belajar siswa kelas PBL 80,16 dengan standar deviasi 9,79 dan nilai mean kelas PjBL 75,47 dengan standar deviasi 8,45. Untuk mengetahui normalitas data hasil belajar menggunakan uji Liliefors, dan untuk mengetahui homogenitasnya menggunakan uji F. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dua pihak dengan Dari data perhitungan hipotesis yang diperoleh thitung = 2,048 dan ttabel = 1,99. Hasil perhitungan hipotesis menunjukkan thitung > ttabel yaitu 2,048 > 1,99 dengan kata lain Ha diterima dan H0 di tolak. Dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan positif dan signifikan hasil belajar ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran PBL dan PjBL siswa kelas X SMAN Unggul Subulussalam T.P.2014/2015

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorHutasuhut, Saidun196608301993031002
Call Number: SK-2015 EKO 006
Keywords: Model Pembelajaran PBL, model pembelajaran PjBL, Hasil Belajar Ekonomi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Dec 2016 02:43
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22240

Actions (login required)

View Item View Item