PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIK BERBASIS INKUIRI BERBANTUAN MULTI MEDIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA SE-PROVINSI SUMATERA UTARA

Rajagukguk, Waminton and Fauzi, Kms Muhammad Amin and Hia, Yasifati (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIK BERBASIS INKUIRI BERBANTUAN MULTI MEDIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA SE-PROVINSI SUMATERA UTARA. In: Seminar Nasional Matematika UNPAR 2016, Sep 2016, Bandung.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (353kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar matematika berbasis inkuiri berbantuan multi media yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA se-Sumatera Utara. Penelitian ini dilakukan di Propinsi Sumatera Utara, dari tahun 2016 hingga 2018. Populasi penelitian ini adalah semua SMA yang ada di Propinsi Sumatera Utara. Subyek penelitian ini adalah siswa SMA. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive random sampling, yaitu memilih enam SMA secara acak dengan tiga SMA Negeri dan tiga SMA swasta. Untuk mengetahui pengaruh bahan ajar matematika berbasis inkuiri berbantuan multi media yang dikembangkan digunakan desain penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan control group post test only. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi, dan tes. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif, uji-t dan anava. Ujicoba penelitian ditemukan model pembelajaran inkuiri secara kelompok membuat siswa berani mengemukakan pendapat dan menerima pendapat orang lain. Model pembelajaran inkuiri berbantuan multi media berinteraksi dengan kemampuan awal matematis siswa terhadap kemampuan berpikir kritis. Kemampuan awal siswa yang kategori sedang dan tinggi lebih baik menggunakan model pembelajaran inkuiri berbasis multimedia, sedangkan untuk kemampuan awal siswa yang rendah lebih baik menggunakan model pembelajaran biasa. Kemampuan berpikir kritis siswa lebih banyak dalam kategori sedang, yaitu sebesar 38,71%, hal ini berarti untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritisnya dalam penelitian ini perlu diperhatikan salah satunyan keterbatasan penelitian yang ke-3 yaitu sering kehabisan waktu untuk mencari cara lain dalam memberi kesempatan lebih banyak bagi siswa untuk berpikir kreatif.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Bahan ajar; Matematika; Multimedia; Berpikir kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Dec 2016 02:29
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22230

Actions (login required)

View Item View Item