PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MENGGUNAKAN ANIMASI MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK GERAK LURUS DI KELAS X SMA

Raminah (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MENGGUNAKAN ANIMASI MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK GERAK LURUS DI KELAS X SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4101121022 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4101121022 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4101121022 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4101121022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4101121022 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4101121022 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4101121022 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4101121022 PREFACE.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4101121022 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4101121022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4101121022 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4101121022 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4101121022 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4101121022 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4101121022 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4101121022 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM 4101121022 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
10. NIM 4101121022 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (437kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4101121022 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4101121022 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4101121022 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4101121022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan animasi makromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Gerak Lurus di kelas X SMA Negeri 11 Medan T.P. 2014/2015.
Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Semester ganjil SMA yang terdiri dari lima kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas X MIA-2 (sebagai kelas eksperimen) dan kelas X MIA-1 (sebagai kelas kontrol) yang masing-masing berjumlah 40 siswa yang ditentukan dengan cluster random sampling. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan animasi makromedia flash dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Sebelum diberikan perlakuan, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Data yang digunakan dalam penelitian ini digunakan tes essai, jumlah soal 8 item yang telah divalidkan oleh validator.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata postes siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hasil observasi menunjukkan bahwa nilai aktivitas dan keterampilan siswa pada kelas eksperimen diperoleh cukup baik sedangkan nilai aktivitas siswa pada kelas kontrol diperoleh kurang baik. Melalui uji hipotesis satu pihak diperoleh bahwa pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan animasi makromedia flash terhadap hasil belajar siswa lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2015 FIS 001
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berbasis Masalah, Gerak lurus, Animasi makromedia flash, Hasil belajar siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC669 Electromagnetic theory
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 20 Dec 2016 02:38
Last Modified: 20 Dec 2016 02:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22207

Actions (login required)

View Item
View Item